GUNAKAN WAKTUMU DENGAN BAIK

0
205

 

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Mazmur 90:9-12

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

2 Petrus 1

 

*AYAT HAFALAN*

Mazmur 90:12, Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Tuhan memberikan waktu yang sama kepada manusia. 24jam dalam satu hari, tidak lebih dan tidak kurang. Namun sayangnya, masih ada orang yang tidak menggunakannya dengan baik, bahkan ada yang sengaja menghamburkan waktunya dengan sia-sia. Di era informasi seperti ini, hidup manusia seakan sulit untuk dipisahkan dari internet. Setiap hari kita bekerja, mencari informasi melalui internet sekaligus juga memanfaatkan koneksi internet untuk terhubung dengan orang lain melalui sosial media. Namun banyak diantara kita yang sampai lupa waktu, saat berada di depan komputer atau saat mengakses internet atau sosial media melalui smartphone kita. Baik itu hanya sekedar melihat-lihat sosial media, bermain game atau melakukan hal lainnya. Asosiasi penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) pada bulan Februari 2018 merilis hasil survei yang mengatakan bahwa orang Indonesia rata-rata menggunakan sosial media selama 2-5 jam sehari. Suatu angka yang cukup fantastis, bukan? Itu berarti secara rata-rata kita menghabiskan waktu kita untuk mengakses sosial media selama 730-1825 jam dalam setahun, dan itu berarti sekitar satu hingga dua bulan dalam setahun kita habiskan untuk melihat sosial media!

 

Jika kita merenungkan kembali Firman Tuhan yang mengajarkan tentang kebijaksanaan dalam menggunakan waktu, maka Musa pernah mengajarkan untuk berdoa seperti ini: “Sadarkanlah kami akan singkatnya hidup ini supaya kami menjadi orang yang berbudi” (Mazmur 90:12 BIS). Musa memohon agar Tuhan memberikannya kesadaran bahwa hidup ini singkat. Dia meminta tuntunan Tuhan untuk menjalani hidup setiap hari dengan penuh kebijaksanaan.

Baca juga  IMAN YANG MENYELAMATKAN

 

*Setiap orang memiliki kegiatan dan pengaturan waktu yang berbeda-beda. Namun biarlah belajar untuk memanfaatkan waktu yang kita miliki dalam hidup ini untuk melakukan hal-hal yang seharusnya kita lakukan. Mintalah tuntunan dari Roh Kudus agar kita dapat mengatur prioritas waktu kita dengan baik, terlebih lagi untuk hal-hal yang berdampak pada kekekalan.* (FD)

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah selama ini Anda telah menggunakan waktu Anda dengan baik? Masih adakah area-area yang perlu Anda tata ulang agar Anda tidak menyia-nyiakan waktu Anda?

2. Mengapa kita harus menggunakan waktu di dalam hidup kita dengan bijaksana?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, ajar aku untuk dapat lebih bijaksana dalam menggunakan waktu yang Engkau berikan dalam hidupku. Aku ingin dapat mengisi hidupku dengan hal-hal yang berguna untuk menggenapi rencana-Mu dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Aturlah skala prioritas dalam hidup Anda. Mintalah tuntunan kuasa Roh Kudus untuk melakukan hal-hal uang berguna dan bermanfaat, khususnya yang berdampak pada kekekalan.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Saat ini sama seperti saat-saat yang lain, merupakan waktu yang berharga, jika kita tahu apa yang harus kita lakukan dengan waktu yang ada. — Ralph Waldo Emerson*

 

============================

 

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here