DIPANGGIL UNTUK MEMBERKATI DAN MEMPEROLEH BERKAT

0
986

 

 

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

 

*1 Pet 3:8-12*

 

*” dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat ” (9)

 

*Syallom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,* rasul Petrus sebelumnya mengatakan bahwa uang percaya adalah umat yang telah dipanggil oleh Allah dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib, yang dahulu bukan umat menjadi umat Nya dan beroleh belas kasihan menjadi bangsa yang terpilih, umat yang rajani, bangsa yang kudus ( 1 Pet 2:9-10 ).

Umat Kristus yang kala itu adalah kaum minoritas yang tidak mendapatkan perlindungan dari pemerintah dan bahkan mendapatkan tekanan, dikucilkan dan dianiaya. Lalu bagaimana para rasul menyikapi kondisi yang demikian ? Rasul Yohanes, Paulus, Yakubus dan lain-lain justru mengajarkan apa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus, yakni mengasihi dan memberkati para musuh atau para pembenci kita ( Mat 5:38-48 ). Demikianlah dalam pembacaan renungan BGA ini dari tulisan rasul Petrus bahwa jangan membalas kejahatan dengan kejahatan, atau  caci maki dengan caci maki, sebaliknya hendaklah kita memberkati,karena untuk itulah kita dipanggil, yakni untuk memperoleh berkat.

 

*Sahabat-sahabatku yang terkasih dalam Yesus,* di tengah dunia yang tidak menyukai Yesus sejak kelahiran-Nya sampai pada penyaliban-Nya, dan terus berlangsung kepada para murid dan pengikut-Nya sampai hari ini, namun kekristenan tidak surut atau bahkan punah, namun sebaliknya semakin. berkembang pesat sampai pada hari ini, justru bukan dikarenakan oleh kekerasan atau oleh peperangan., bukan karena membalas kejahatan dengan kejahatan atau kekerasan dengan kekerasan, melainkan justru karena membalasnya dengan kasih. Ajaran dan praktek inilah yang mempengaruhi tokoh seperti Marthin Luther King dan Mahatma Gandhi, dan mempengaruhi dunia sampai hari ini.

 

*Sobat yang terkasih, Yesus pernah berkata :*

 

*” Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan ” ( Yoh 10:10 ).*

 

Nah, bagaimana agar kita memperebutkan berkat atau hidup dalam kelimpahan ?

 

*Sobat,* datanglah kepada Yesus dan lakukanlah apa yang telah diajarkan-Nya dan juga pengajaran-Nya diteruskan oleh para murid-Nya dalam Kitab Injil dan surat-surat yang ditulis oleh para rasul-Nya.

 

Memang tidak mudah untuk melakukannya, namun oleh karena pertolongan Roh Kudus kita dimampukan untuk memberkati dan Mendokan mereka yang membenci dan memusuhi kita, maka dengan demikian kita menjadi sempurna seperti Bapa di sorga sempurna adanya ( Mat 5:48 )

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here