Hidup di dalam Roh

0
603

Oleh: Pdt. Steven Agustinus

Bagi setiap orang percaya – yang sudah mengalami kelahiran baru, menjadi Ciptaan Baru melalui karya firman & Roh – hidup didalam Roh dan hidup dipimpin oleh Roh adalah sebuah kewajiban!

Galatia 5:16-18 (TB)  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.

*1. Ada suatu standard hidup Ilahi yang sebetulnya Tuhan tetapkan bagi setiap Ciptaan Baru.*

Ingat, segera setelah alami kelahiran baru, Tuhan menghendaki untuk kita berfokus mengubah nature dari pikiran manusiawi kita dan membangun pikiran Kristus. Tujuannya adalah agar kita dapat hidup didalam standart yang Tuhan sudah tetapkan.

a. Kita memiliki kecenderungan hati yang sepenuhnya tertuju kepada kebenaran (Gal 5:17)

b. Kita selalu alami adanya pekerjaan firman & Roh dalam kehidupan sehari-hari (Gal 5:18)

c. Kita selalu memanifestasikan buah-buah Roh dalam hidup sehari-hari; tidak ada perbuatan daging yang dapat bermanifestasi dalam hidup kita (Gal 5:19-23)

d. Kita memiliki dasar hidup: Aku sudah mati bagi dosa tapi hidup hanya bagi Tuhan dan penggenapan rencanaNya (Rom 6:11, Gal 5:24)

e. Kita meleburkan diri dalam rumah rohani, berfungsi sebagai bagian dari Tubuh Kristus (Gal 5:25-26)

*2. Standard Ilahi tersebut hanya bisa di jalani jika kita memberi diri untuk di pimpin oleh RohNya.*

Galatia 5:18 (TB)  Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.

Kata: Dipimpin oleh Roh, di tulis dengan menggunakan kata Yunani: Ago; yang juga dapat diterjemahkan sebagai : Di pimpin secara di tuntun, untuk membawa sampai ke titik tujuan seperti menuntun seekor binatang; di pimpin dengan cara di temani hingga tiba di tempat tujuan (To lead by laying hold of, and this way to bring to the point of destination: of an animal; to lead by accompanying to (into) a place – Strong’s Concordance)

Jadi dengan kata lain, akan ada suatu kebiasaan-kebiasaan baru yang Roh Kudus mau untuk dapat Dia terapkan ke dalam hidup kita demi untuk dapat mengkondisikan diri kita hidup didalam standart Ilahi yang sudah Dia tetapkan.

a. Untuk membangun kecenderungan hati yang tertuju kepada kebenaran dalam hidup kita, Roh Kudus akan menuntun kita untuk bertekun, mendengarkan ulang dan bahkan mencatat pesan-pesan, pengajaran dari bapa rohani kita. Pastikan, dengan terus menyelaraskan frekuensi hidup kita dengan kebenaran, maka kecenderungan hati kitapun jadi tertuju kepada kebenaran (Ams 2:1-5)

b. Untuk mengkondisikan diri kita selalu alami pekerjaan firman & Roh dalam hidup sehari-hari, Roh Kudus – melalui bapa rohani, melatih kita untuk selalu mensetting, mengarahkan pikiran kepada hal-hal yang adil, manis, kebajikan dalam diri orang lain, menaikkan doa/ berkat kepada setiap orang yang kita jumpai, memperkatakan/ mendeklarasikan firman setiap satu jam sekali. Tujuannya adalah untuk mengkondisikan diri kita selalu ‘ada dekat dengan firman’, selalu alami kobaran api Roh Kudus dalam batin kita…

c. Untuk mengkondisikan diri kita selalu memanifestasikan buah-buah Roh (Gal 5:22-23) Dia akan melatih kita untuk lebih taat & mendengarkan suara hati nurani kita yang murni. Semakin kita mentaati suara hati nurani, semakin kuat daya tangkal kita terhadap berbagai godaan/ tipu muslihat Iblis yang berupaya menahan pertumbuhan dimensi kemuliaan dalam hidup kita (1 Yoh 3:21-22)

d. Dengan selalu mengkondisikan diri untuk alami pekerjaan firman & Roh, serta ikuti suara hati nurani, otomatis kita tidak lagi memberi ruang untuk berbagai keinginan daging, cinta akan dunia, cinta diri sendiri ataupun cinta uang memanifestasikan diri melalui hidup kita! Kita hidup hanya untuk Dia dan penggenapan rencanaNya. Kesukaan/ keinginan hati kita sepenuhnya sudah menyatu dengan keinginan hatiNya!

e. Dengan menjagai dinamika Roh melalui praktek Membangun manusia roh, akan ada banyak pekerjaan/ tuntunan Roh yang terjadi dalam hidup kita – Dia membawa kita untuk meleburkan diri dalam sebuah rumah rohani & berfungsi menumbuhkan takaran anugerah yang Dia tanamkan dalam hidup kita sehingga memposisikan kita untuk dapat berfungsi dalam tatanan Tubuh Kristus di lokalitas rumah rohani yang ada – bahkan di Tubuh Kristus secara universal.

Hiduplah didalam standart Tuhan, ikuti tuntunan RohNya. #AkuCintaTuhan

Pdt. Steven Agustinus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here