Setia Mengandalkan Tuhan

0
222

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

2 Samuel 5:17-24

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Ibrani 11

*AYAT HAFALAN*

Yeremia 17:7, Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

*RENUNGAN INSPIRASI*

George Washington memiliki reputasi sebagai orang yang tekun berdoa sejak lama. Di Valley Forge (Kamp Militer Amerika), is sering didapati sedang berdoa dengan posisi berlutut. Pada suatu hari, seorang petani yang sedang mendekati Kamp Militer mendengar suara yang cukup nyaring dari balik pepohonann dekat kamp tersebut. Tatkala ia mendekati sumber suara itu, ia melihat Washington sedang berlutut berdoa dan pipinya basah dengan air mata. Si petani pulang dan berkata kepada istrinya, “George Washington akan berhasil! George Washington akan berhasil! Amerika akan meraih kemerdekaan!” “Apa yang membuatmu berpikir demikian, Isaac?” tanya istrinya. Si petani menjawab, “Aku mendengarnya berdoa, Hannah, di hutan dekat kamp hari ini. Dia pasti akan berhasil memimpin negara Amerika.” George yang selalu mengandalkan Tuhan, benar-benar mengalami janji Tuhan yang luar biasa. Di bawah kepemimpinannya Amerika mengalami kemerdekaan dari jajahan Inggris, dan dia pun disebut sebagai founding father/pendiri dari negara Amerika Serikat. Tepat pada tahun 1787, George Washington resmi menjabat sebagai presiden Amerika yang pertama.

Dalam Firman Tuhan hari ini, kita dapat membaca kisah tentang Daud yang berperang melawan bangsa Filistin. Di tengah peperangan tersebut, Daud datang kepada Tuhan dan bertanya apa yang harus dilakukannya untuk menghadapi bangsa Filistin (lihat 2 Samuel 5:19). Kita tahu bersama kisah selanjutnya, bahwa Israel akhirnya berhasil mengalahkan bangsa Filistin. Kebiasaan Daud yang selalu mengandalkan Tuhan, membawanya menjadi raja yang paling sukses dalam memimpin bangsa Israel meraih kejayaan sepanjang masa. Ada banyak bukti bagaimana Tuhan memberkati orang-orang yang hidupnya mengandalkan Tuhan. Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sedang menghadapi pergumulan yang berat dalam hidup Anda? Adakah Anda hidup mengandalkan Tuhan selama ini? *Biasakanlah diri Anda untuk menghampiri hadirat Tuhan dalam doa penyembahan setiap hari. Izinkanlah Tuhan menuntun Anda melalui Firman-Nya. Percayalah, bila Anda setia melakukannya, maka Anda akan mengalami berkat Tuhan dan beroleh kemenangan dalam setiap pergumulan hidup yang Anda hadapi.* (FD)

Baca juga  PELAYANAN TIM

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah Anda selama ini telah sungguh-sungguh mengandalkan Tuhan? Apakah buktinya?

2. Berkat apa yang Tuhan janjikan bagi orang yang hidup setia mengandalkan-Nya?

*POKOK DOA*

Bapa sorgawi, ampuni aku bila selama ini aku seringkali mengandalkan kekuatanku sendiri dan menaruh harapanku kepada orang lain. Ajarku untuk setia dan selalu mengandalkan kuasa-Mu di dalam kehidupanku. Aku percaya di dalam Engkau ada kemenangan dan berkat bagi hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Belajarlah untuk selalu melibatkan dan mengandalkan Tuhan dalam setiap keputusan-keputusan yang Anda ambil di dalam hidup Anda.*

*HIKMAT HARI INI*

*Jika Anda ingin memperoleh kemenangan hari ini, maka jangan pernah melangkah tanpa pimpinan Tuhan.*

============================

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here