Bekerja untuk Kemuliaan Allah

0
489

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang.

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua.

BEKERJA UNTUK KEMULIAAN ALLAH.

Inilah inti dari ayat renungan hari ini.

Selengkapnya berbunyi sebagai berikut: “Aku menjawab: Jika engkau makan atau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” (1 Korintus 10:31).

Rasul Paulus sedang bimbingan kepada jemaat di Korintus mengenai kebebasan orang percaya dalam melakukan apa yang mau dilakukan, termasuk apa yang boleh dimakan.

Menurut Paulus, walau segala sesuatu diperbolehkan, tetapi paling tidak setiap individu masih perlu mempertimbangkan, minimal untuk diri sendiri, al.:

1. Apakah ini berguna?

2. Apakah ini membangun?

Sehingga berdasarkan pertimbangan ini, mestinya orang percaya tidak boleh lagi sesuka hati, walau ‘segala sesuatu diperbolehkan’ (bnd. 1 Kor.10:23).

Namun, lebih jauh lagi, rasul Paulus mengatakan, sebagai orang percaya, maka yang pertama sekali dipikirkan adalah relasi dengan Allah.

Jika demikian, maka pertanyaan yang mestinya muncul adalah: Apakah ini ini sesuai dengan kehendak Allah? Apakah ini berkenan kepada Allah? Apakah ini memuliakan Allah? Yang jelas bukan lagi apa yang baik menurut kita ( manusia ), tetapi sudah didasarkan pada kehendak Allah.

Itulah sebabnya, pada ayat renungan hari ini kita melihat penekanannya adalah “sesuai dengan kehendak Allah dan memuliakan  Allah”. Apa pun yang akan dilakukan itu.

Jika sudah demikian, maka tidak ada lagi keraguan atau kesangsian; tetapi kepastian dan keyakinan atau keteguhan hati.

Bagi kita orang percaya yang hidup di zaman ini pun, akan menjadi termotivasi untuk lebih berani dan yakin dalam melakukan sesuatu kalau kita sudah tahu dengan pasti, itu adalah semi kemuliaan Allah. Soli Deo Gloria. Segala kemuliaan hanya pada Allah.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

Selamat beraktivitas hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Pdt Martunas P. Manullang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here