HANYA TUHAN GEMBALA YANG BAIK

0
777

 

 

 

Yehezkiel 33-34

 

Yehezkiel 34:8-10 (8) Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sesungguhnya oleh karena domba-domba-Ku menjadi mangsa dan menjadi makanan bagi segala binatang di hutan, lantaran yang menggembalakannya tidak ada, oleh sebab gembala-gembala-Ku tidak memperhatikan domba-domba-Ku, melainkan mereka itu menggembalakan dirinya sendiri, tetapi domba-domba-Ku tidak digembalakannya (9) oleh karena itu, hai gembala-gembala, dengarlah firman TUHAN: (10) Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku sendiri akan menjadi lawan gembala-gembala itu dan Aku akan menuntut kembali domba-domba-Ku dari mereka dan akan memberhentikan mereka menggembalakan domba-domba-Ku. Gembala-gembala itu tidak akan terus lagi menggembalakan dirinya sendiri; Aku akan melepaskan domba-domba-Ku dari mulut mereka, sehingga tidak terus lagi menjadi makanannya.

 

Melalui nabi Yehezkiel Tuhan berfirman kepada para gembala bangsa Israel, yaitu para pemimpin bangsa Israel yang telah dipercaya Tuhan untuk menjadi pemimpin yang menggembalakan umat Tuhan, bahwa Tuhan sendiri yang akan menjadi lawan gembala-gembala itu dan Tuhan akan menuntut kembali domba-domba Nya dari mereka dan Tuhan akan memberhentikan mereka menggembalakan domba-domba-Nya.

 

Sebab Tuhan melihat bahwa domba-domba-nya Tuhan telah menjadi mangsa dan menjadi makanan bagi segala binatang di hutan, lantaran yang menggembalakannya tidak ada, oleh sebab gembala-gembala-nya sudah tidak memperhatikan domba-domba-nya Tuhan, melainkan mereka itu hanya menggembalakan dirinya sendiri, tetapi domba-domba-nya Tuhan tidak digembalakannya.

 

Inilah situasi yang terjadi dalam kehidupan bangsa Israel, dimana para gembala tidak melakukan tanggung jawab mereka sebagai gembala terhadap umat Tuhan, oleh karena itu Tuhan akan melepaskan domba-domba-nya Tuhan dari mulut para gembala, sehingga tidak terus lagi menjadi makanannya, sebab :

 

• TUHAN SENDIRI YANG AKAN MEMPERHATIKAN DAN MENCARI DOMBA DOMBANYA !

 

Yehezkiel 34:11 (11) Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: Dengan sesungguhnya Aku sendiri akan memperhatikan domba-domba-Ku dan akan mencarinya.

 

• TUHAN SENDIRI YANG AKAN MENJADI GEMBALA MENCARI DAN MENYELAMATKAN DOMBANYA DARI SEGALA TEMPAT !

 

Yehezkiel 34:12 (12) Seperti seorang gembala mencari dombanya pada waktu domba itu tercerai dari kawanan dombanya, begitulah Aku akan mencari domba-domba-Ku dan Aku akan menyelamatkan mereka dari segala tempat, ke mana mereka diserahkan pada hari berkabut dan hari kegelapan.

 

• TUHAN SENDIRI YANG AKAN MEMBAWA KELUAR DOMBA DOMBANYA DARI TENGAH BANGSA BANGSA, YANG MENGUMPULKAN DAN YANG AKAN MEMBAWA KEMBALI DOMBA DOMBANYA KETANAH PERJANJIAN !

 

Yehezkiel 34:13 (13) Aku akan membawa mereka keluar dari tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan mereka dari negeri-negeri dan membawa mereka ke tanahnya; Aku akan menggembalakan mereka di atas gunung-gunung Israel, di alur-alur sungainya dan di semua tempat kediaman orang di tanah itu.

 

• TUHAN SENDIRI YANG AKAN MENGGEMBALAKAN DOMBA DOMBANYA KEPADANG RUMPUT YANG BAIK DAN YANG SUBUR !

 

Yehezkiel 34:14 (14) Di padang rumput yang baik akan Kugembalakan mereka dan di atas gunung-gunung Israel yang tinggi di situlah tempat penggembalaannya; di sana di tempat penggembalaan yang baik mereka akan berbaring dan rumput yang subur menjadi makanannya di atas gunung-gunung Israel.

 

• TUHAN SENDIRI YANG AKAN MENJAMIN DAN MEMELIHARA DOMBA DOMBANYA !

 

Yehezkiel 34:15 (15) Aku sendiri akan menggembalakan domba-domba-Ku dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

 

• TUHAN SENDIRI YANG AKAN MENCARI YANG TERSESAT, YANG AKAN MEMULIHKAN, YANG AJAN MENGUATKAN DAN MELINDUNGI DOMBA DOMBANYA !

 

Yehezkiel 34:16 (16) Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya

 

• TUHAN SENDIRI YANG AKAN MENJADI GEMBALA YANG BAIK DAN YANG AKAN MENYERTAI DOMBA DOMBANYA !

 

Yehezkiel 34:30-31 (30) Dan mereka akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, Allah mereka, menyertai mereka dan mereka, kaum Israel, adalah umat-Ku, demikianlah firman Tuhan ALLAH. (31) Kamu adalah domba-domba-Ku, domba gembalaan-Ku, dan Aku adalah Allahmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH.”

 

Biarlah semua janji janji Tuhan ini memberikan kita kelegaan, kekuatan, keyakinan, sukacita, harapan dan jaminan, supaya kita hanya PERCAYA, BERHARAP dan MENGANDALKAN Tuhan saja, sebab hanya Tuhanlah GEMBALA KITA YANG SEJATI DAN YANG BAIK, oleh karena itu marilah kita BERHENTI untuk berharap kepada manusia, untuk mengandalkan manusia dan untuk menjadi kecewa kepada manusia !

 

Sebab manusia kasihnya, perhatiannya, waktunya dan kemampuannya TERBATAS, tetapi marilah kita BANGKIT dan BERSYUKUR, karena didalam Kristus kita memiliki Gembala yang Sejati dan yang Baik, yang kasihnya, perhatiannya, waktunya dan kemampuannya TIDAK TERBATAS !

 

Deklarasi Firman Tuhan :

Puji Tuhan ! Kami mau Bangkit dan Bersyukur, sebab kami adalah miliknya Tuhan, kami adalah Domba dombanya Tuhan dan Tuhan adalah Gembala kami yang sejati dan yang baik ! Oleh karena itu kami berhenti untuk berharap kepada manusia ! Kami hanya berharap, percaya dan mengandalkan Tuhan yang adalah Gembala yang baik, yang menjamin kami, yang memelihara kami, yang memperhatikan kami, yang menjaga kami, yang melindungi kami dan yang menyelamatkan kami ! Grace 3x !

 

Jangan berharap kepada manusia, sebab manusia Terbatas, tetapi berharaplah kepada Tuhan, sebab didalam Kristus, kita sudah memiliki Tuhan yang adalah Gembala yang sejati, yang baik, yang tidak terbatas dan yang tidak bisa dibatasi oleh apapun! Gbu. AM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here