HATI YANG MAU DIPIMPIN ROH KUDUS

0
827

 

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Yohanes 16:7-14

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Titus 3

 

*AYAT HAFALAN*

Yohanes 16:13, Tetapi apabila ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Gelar sebagai wanita pertama yang berjalan kaki mengelilingi dunia, akhirnya harus dicabut dari seorang Ffyona Campbell. Hal tersebut terjadi saat dia menyampaikan sendiri pengakuannya kepada pihak sponsor bahwa ia telah melakukan kecurangan. Ffyona telah melanggar panduan-panduan dari Guinness Book of World Records dengan menumpang sebuah truk di sebagian perjalanan yang dilaluinya. Ffyona mengaku meski banyak sanjungan yang diterima lewat prestasi yang dibuatnya, namun rasa bersalah menguasai dirinya dan membuatnya hampir mengalami gangguan saraf. “Aku seharusnya tidak dikenang sebagai wanita pertama yang berjalan kaki mengelilingi dunia.” Hati nuraninya terus berbicara bahwa apa yang dilakukannya itu tidaklah benar. “Saya memutuskan untuk menghubungi pihak sponsor, agar terbebas dari rasa bersalah,” ungkap Ffyona pada media. (https://www.deseretnews.com/article/534398/WOMAN-CHEATING-ON-GLOBAL-WALK.html)

 

Tuhan telah mengaruniakan hati nurani kepada setiap manusia sebagai tempat untuk menimbang mana hal yang baik dan buruk, mana yang benar dan salah. Namun sejak manusia jatuh ke dalam dosa, hati nurani manusia menjadi tercemar, sehingga memiliki kecenderungn untuk melakukan dosa (lihat Roma 5:12-15).

 

Puji syukur, *sebagai orang percaya kita memiliki Roh Kudus di dalam hati yang aktif mengingatkan bahwa menegur saat kita melakukan dosa.* Namun demikian, pengambilan keputusan tetap ada di tangan kita. Apakah kita mau menaati suara-Nya atau mengikuti kedagingan yang cenderung membawa kita kepada dosa. Oleh karena itu, mulai hari ini *bangunlah persekutuan dengan Tuhan secara intim. Izinkan Tuhan terus menuntun Anda melalui Firman-Nya, agar Anda dapat melakukan kehendak Tuhan dalam kehidupan.*

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Pernahkah Anda merasa bagaikan dikejar rasa bersalah saat Anda melakukan kesalahan atau dosa?

2. Bagaimana caranya agar hati nurani kita senantiasa menaati kehendak Tuhan?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, aku bersyukur Engkau memberikan Roh Kudus yang menuntun hatiku untuk melakukan kebenaran-Mu. Roh Kudus, mampukanlah aku untuk tetap setia kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Bangunlah persekutuan dengan Tuhan melalui doa, saat tedug pribadi dan membaca serta merenungkan Firman Tuhan setiap hari. Izinkan Roh Kudus memimpin hidup Anda.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Hanya hati yang dipimpin oleh Roh Kudus yang mampu menggerakkan hidup kita untuk melakukan kehendak Tuhan.*

 

============================

 

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here