DUNIA DAN GEREJA AKHIR ZAMAN INI MEMBUTUH ORANG-ORANG SEPERTI YUSUF, PUTRA YAKUB

0
312

 

 

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

 

*Kejadian 41:37-57*

 

 

*Syallom, sahabat-sahabat-ku pembaca setia BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Pembacaan BGA ini adalah merupakan antiklimaks dan buah ketaatan, kesetiaan, ketekunan dan kesabaran dari perjalanan panjang dan perjuangan kehidupan Yusuf sejak dari lingkungan keluarga yang dimusuhi dan mau dilenyapkan, tetapi akhirnya dibuang dan dijual kepada saudagar  Mesir, menjadi budak dan mendekam dalam rumah tahanan selama dua tahun akibat difitnah oleh istri majikannya.

Sesungguhnya Yusuf tidak berharap bahwa dia akan diangkat menjadi penguasa tunggal setelah Fir’aun (40-45), melainkan dibebaskan dari rumah tahanan dan dibersihkan nama baiknya karena dia tak bersalah (40:14). Ia berusia tiga puluh enam tahun ketika menghadapi Fir’aun (46).

 

*Sahabat-sahabat yang terkasih dalam Yesus,* setelah mimpi Yusuf dan mimpi Fir’aun menjadi kenyataan (47-49, 53-54), kita dapati bahwa Yusuf tetap mempertahankan iman dan integritasnya yang dibuktikan dari nama yang diberikan kepada kedua putranya. Dari nama yang diberikan kepada kedua putranya mencerminkan imannya bahwa semua pencapaian yang didapatnya adalah karena TUHAN dan pertolongan-Nya saja (51-52).

Yusuf telah memperkenalkan dan memuliakan TUHAN yang disembah oleh nenek moyangnya di tengah-tengah bangsa yang tidak mengenal Allah, dan itu tercermin dari pengakuan Fir’aun (37-39). Dan Yusuf telah menjadi berkat bagi Fir’aun dan rakyatnya, serta bagi dunia dari bahaya kelaparan ( 55-57), dan kelak juga bagi keluarganya.

 

*Sobat yang terkasih,* di tengah situasi dunia yang tidak xxmenentu, dunia yang terancam krisis ekonomi dan keuangan, bencana alam dan epidemi, serta ancaman perang dengan skala besar yang melibatkan negara-negara besar dan peralatan perang yang sangat canggih, maka diperlukan Yusuf-Yusuf akhir zaman yang berintegritas,  menyuarakan kebenaran, menjadi teladan dan menjadi berkat. Dunia dan gereja pada akhir zaman ini membutuhkan orang-orang seperti Yusuf, putra Yakub.

Baca juga  Faktor Kunci Sukses (Key Success Factor)

 

*Sobat,* anda dan sayalah orangnya

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Salam dan doa.

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here