Firman Allah adalah Sumber Kehidupan

0
2057

 

 

OLEH: DR.DR. STEFANUS WIJI SURATNO SE, MM, PHD, DTH (C). 

 

 

Mazmur 1:1-3 (TB)  Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

 

 

Firman Allah adalah Firman kehidupan. Barangsiapa yang kesukaannya membaca Firman Allah maka dalam hatinya terpancar aliran-aliran air kehidupan karena disana terletak kunci-kunci kehidupan. Barangsiapa yang tak pernah lupa membaca dan merenungkan Firman itu siang dan malam maka hidupnya akan dipimpin oleh Roh Kudus untuk menjauhkan diri dari kejahatan.

 

Firman Allah itu pedang Roh dan ketopong keselamatan kita ( Efesus 6 : 10-17 ). Hidup didunia ini kita melawan kuasa-kuasa gelap maka Firman Allah itu yang melindungi kita dari segala godaan dunia. Tiga musuh manusia yang paling berat adalah keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup ( I Yohanes 2 : 16-17 ). Tiga hal tersebut dapat diatasi bila tetap didalam Firman Allah. Orang muda dapat menjaga kelakuannya bersih bila tetap didalam Firman Allah ( Mazmur 119 : 9 ).

 

Firman Allah juga menjadi tuntunan hidup kita. Kemanapun kita melangkah bila Firman Allah tetap tinggal dalam hidup kita maka kejahatan akan jauh dari kita. Bahkan Alkitab mengajarkan apa yg diperbuatnya selalu berhasil. Kita bisa ambil contoh Yusuf. Kejadian 39 : 3-4 karena Yusuf pemuda yang takut akan Allah dan taat Firman Allah maka dia disertai Allah sehingga segala yang dikerjakan selalu berhasil. Meski dia digoda oleh isteri Potifar tetapi ketaatan akan Firman Allah, dia jaga kekudusan hidup sehingga dia difitnah dan dijebloskan ke penjara. Tapi Allah menyertai Yusuf bahkan dari penjara, kuasa Allah bekerja dan menjadikan dia sebagai orang kedua setelah Firaun. Sungguh kesaksian Yusuf ini mengajarkan kepada kita bahwa orang yang taat pada Firman Allah akan sukses dan berhasil. Sekalipun dalam perjalanan hidup banyak derita, fitnah, dibenci banyak orang dan dihancurkan hidupnya, tetapi bila Allah menyertai maka tak ada kekuatan yang bisa mengalahkannya. Karena the invisible hand atau tangan Kuasa Allah selalu ada beserta pada orang yang taat pada Firman Allah. Semoga ayat-ayat diatas menjadi bekal hidup kita untuk menghadapi kejamnya kehidupan didunia ini. Bahwa Tangan Allah selalu menyertai pada orang-orang yang takut akan Tuhan.

Firman Allah itu berfungsi :

1. Ketopong keselamatan dan Pedang Roh ( Efesus 6 : 17 )

2. Menjaga kelakuan bersih ( Mazmur 119 : 9 )

3. Mengalirkan aliran aliran air hidup dari Roh Kudus ( Yohanes 7 : 38-39 )

4. Firman itu Allah dan Allah itu Anak Manusia yaitu Tuhan Yesus ( Yohanes 1: 1, 14 ). Barang siapa yang tekun membaca Alkitab maka Allah akan menjagainya dari segala godaan dunia dan Kuasa Allah dan Mujizat akan terjadi didalam kehidupannya sepanjang masa.

 

Kesimpulan dan Doa :

Percayalah bahwa Firman Allah adalah pelita hidup kita dan yang akan menuntun langkah hidup kita menghadapi hari esok.

 

Salam kasih

DR.DR. STEFANUS WIJI SURATNO SE, MM, PHD, DTH (C).

PRESIDENT DIRECTOR WISE PROPERTY AND MANAGEMENT CONSULTANTj

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here