Arahkan Pandanganmu ke depan

0
520

 

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Filipi 3:7-14

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

1 Tesalonika 5

 

*AYAT HAFALAN*

Filipi 3:13-14, Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Tidak sedikit orang yang menjalani kehidupan dengan hati dan pikiran yang masih terpaut pada masa lalu. Misalkan, seorang pengusaha yang begitu khawatir dalam memulai bisnis yang baru karena pernah mengalami kegagalan di masa lalu, atau seorang pemuda/pemudi dewasa yang tidak lagi berani membangun hubungan karena takut mengalami kegagalan seperti hubungan sebelumnya. Atau mungkin ada juga anak Tuhan yang rajin beribadah tapi tidak berani terlibat dalam pelayanan, karena merasa tidak layak saat mengingat dosa yang pernah dilakukannya di masa lalu.

 

Secara manusiawi, Rasul Paulus punya alasan untuk terus menyesali masa lalunya. Ia pernah menjadi penganiaya orang percaya. Lalu ia bertobat dan menjadi seorang rasul yang gigih dan teguh. Namun apa yang ia alami kemudian? Tidak melulu kegembiraan dan kemudahan. Sebaliknya, tidak sedikit bahaya dan penganiayaan yang justru dialaminya. Namun, Rasul Paulus tidak membiarkan dirinya terus menerus mengingat masa lalu. Ia melupakan segala kepahitan dan penyesalan akan masa lalunya, mengarahkan dirinya pada apa yang ada di hadapannya, yaitu menggenapi panggilan Kristus dalam hidupnya. Itulah sebabnya ia selalu tegar dan teguh; walaupun banyak tantangan dan hambatan yang menerpanya.

 

*Sehebat apa pun masa lalu yang kita alami — manis atau pahit — semuanya sudah berlalu. Masa lalu memang perlu kita jadikan cermin untuk mengevaluasi diri, tetapi bukan untuk  terus menerus dihidupi.* (FD)

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah Anda mengalami kesulitan untuk melupakan kenangan buruk dan pahit di masa lalu? Apa yang selama ini menjadi hal yang sulit Anda lupakan?

2. Apa langkah yang harus Anda lakukan agar Anda dapat melupakan apa yang telah berlalu, menghidupi masa kini dan menyambut masa depan yang cerah?

 

*POKOK DOA*

Tuhan Yesus, aku percaya Engkau menyediakan masa depan yang gilang gemilang bagiku. Mampukan aku, ya Roh Kudus, agar aku dapat meninggalkan masa lalu dan melangkah maju menggenapi rencana Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Ambillah langkah iman untuk memulai sesuatu yang baru dan belajarlah untuk tidak mengingat kejadian-kejadian yang lalu.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Your past mistakes do not define your future rewards. — Zig Ziglar*

 

 

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here