Tuhan Yesus Imam Besar Yang Agung

0
1501

 

 

Oleh::DR.DR. STEFANUS WIJI SURATNO SE MM PHD DTH ( C ).

 

 

Ibrani 4:14-16 (TB)  Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.

Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.

Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

 

Sejak manusia pertama yaitu Adam dan Hawa melanggar perintah Tuhan yaitu memakan buah pengetahuan yang baik dan jahat maka manusia hidup dalam dosa dan terpaksa diusir dari Taman Eden sehingga harus menjalani hukuman seumur hidup yaitu yang laki-laki dengan susah payah mencari nafkah seumur hidup dengan berpeluh, sedang yang perempuan harus menjalani sakit saat bersalin. ( Kejadian 3 : 13-24 ).

 

Sejak manusia jatuh dalam dosa komunikasi manusia terhadap Tuhan tidak bisa langsung tetapi melalui perantara yaitu melalui imam, nabi, hakim-hakim, raja. Setiap mau berkomunikasi, perantara ini yang dipakai Tuhan untuk menyampaikan firmanNya. Bagi yang dekat kepada Allah baru Allah yang langsung berfirman kepada mereka. Puji syukur kepada Tuhan sejak Tuhan Yesus datang kedunia dan menyelamatkan manusia dari Dosa, Iblis dan Maut, maka cukup doa melalui nama Tuhan Yesus semua yang didunia ini bertekuk lutut dan Allah mengabulkan segala doa permohonan kita  ( Yohanes 14 : 14 ; Filipi 2 : 5-11 ).

 

Rasul Paulus memberikan nasihat kepada jemaat di Kolose agar segala sesuatu baik perbuatan atau perkataan lakukanlah dalam nama Tuhan Yesus maka segalanya akan dipimpin oleh Allah. ( Kolose 3 : 16-17 ).

Baca juga  PENANTIAN MEMBUAHKAN PENGHARAPAN

 

Sejak Tuhan Yesus bangkit dari antara orang mati dan naik ke Sorga, mujizat mujizat  telah terjadi. Saat ada orang lumpuh memohon sesuatu, Petrus menjawab emas dan perak tidak ada padaku tetapi yang aku punya adalah dalam nama Tuhan Yesus berjalanlah. Saat itu orang lumpuh itu berjalan ( Kisah Rasul2 3 : 6 ). Allah telah mengaruniakan nama Yesus Kristus agar dalam melakukan segala sesuatu dalam nama Tuhan Yesus Kristus baik untuk membaptis, perjamuan kudus , mendoakan orang sakit, mengusir setan, melakukan banyak mujizat maka Allah akan menyertai kepada semua umat yang beriman. ( Matius 28 :19-20 ; Markus 16 : 15-16 ; Kisah Rasul2 2 : 38 ; 16 : 18 ). Karena Tuhan Yesus telah menjadi Imam Besar kita maka tak perlu untuk menghadap Tuhan dengan memakai perantara lagi atau kemenyan-kemenyan, cukup dalam nama Tuhan Yesus Kristus maka mujizat akan terjadi kepada setiap orang yang percaya.

 

Mari kita gunakan waktu sisa hidup kita untuk terus mengabarkan Injil Kerajaan Allah dan menyebarkan ke seluruh keluarga kita, ke lingkungan orang-orang yang belum mengenal Tuhan maupun keseluruh pelosok dunia sehingga banyak orang yang diselamatkan. ( II Timotius 2 : 10-13 ).

 

Semoga renungan singkat ini memberikan semangat kita untuk terus lebih dekat dengan Tuhan Yesus, banyak berdoa, baca Alkitab, beribadah dan meningkatkan pelayanan sehingga kasih karunia Allah menjadi berarti dalam hidup kita.

 

Salam kasih

DR.DR. STEFANUS WIJI SURATNO SE MM PHD DTH ( C ). DOSEN PROGRAM DOKTOR THEOLOGY DAN MINISTRY HARVEST INTERNATIONAL THEOLOGICAL SEMINARY.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here