Kita Harus Selalu Mengucap Syukur Kepada Tuhan : Sebuah Tantangan Iman

0
1178

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu”.

*1 Tesalonika 5:18*

 

 

Sekitar 5 tahun yang lalu, setelah buang air kecil, badan saya terasa sangat lemas, sehingga saya terjatuh. Saya dirawat di rumah sakit dan ternyata berdasarkan diagnosis dokter, kadar gula darah saya terlalu tinggi. Sejak saat itu, saya tahu bahwa saya menderita diabetes.

 

Semalam kira-kira pukul 01:30  saya mengalami gejala yang sama setelah saya buang air kecil, badan saya terasa tidak bertenaga. Agar saya tidak terjatuh saya duduk dilantai di depan kamar saya dan tidak bisa berdiri.

Saya duduk dilantai selama 3 jam sampai pada pukul 04:20 saya ditolong oleh menantu saya (mereka semua di lantai 2). Sampai saat ini, badan saya masih lemas plus semua badan saya sakit semua.

Dalam kondisi seperti ini, haruskah saya masih mengucap syukur dan berterimakasih kepada Tuhan??

 

Lazimnya orang bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan bila doa-doa kita dikabulkan-Nya untuk mencapai sukses dalam pendidikan, karir, penyembuhan dari sakit-penyakit dan hal-hal lain yang membahagiakan. Namun, dalam keadaan yang membuat kita menderita, apakah kita tetap bersyukur kepada Tuhan? Hal ini merupakan tantangan yang berat dalam ujian terhadap iman kita. Namun, rasa syukur dalam keadaan apapun itu adalah kehendak Tuhan dan menyukakan hati Tuhan. Setelah saya renungkan semalam (saya tidak tidur), saya tetap harus bersyukur kepada Tuhan karena saya tertolong dan bisa berbaring di tempat tidur dan saya masih boleh bernafas dan masih bisa melayani anda via renungan ini.

Ada firman Tuhan yang menguatkan iman kita.

Baca juga  Langkah Pertama Menuju Penyelesaian Konflik

*”Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi Nyatakanlah segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”*

*Filipi 4:6*

 

Kita adalah biji mata Tuhan, sehingga tidak mungkin Ia membiarkan kita mengalami sesuatu yang dapat mencelakakan kita.

Apa yang berada di balik perintah Tuhan agar kita tetap harus mengucap syukur dalam segala hal?

Tidak mustahil Tuhan meminta kita untuk menyerahkan  segala persoalan kita kepada-Nya dan sesuai kehendak-Nya.

Saya yakin, Tuhan akan mengalirkan kasih setia-Nya kepada kita bila kita tetap bersyukur kepada-Nya baik dalam keadaan suka maupun duka.

Saya akan tetap bersyukur dan bersukacita walaupun apa yang saya alami semalam merupakan pertanda bahwa Tuhan akan memanggil saya menjelang beberapa hari lagi saya berusia 75 tahun.

Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here