Tekun, Cerdik dan Menjadi Berkat

0
350

 

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

*Kejadian 30:25-43*

 

 

*Syallom, sahabat-sahabat-ku pembaca setia BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Sungguh dahsyat dan luarrr biasa TUHAN ( JEHOVA ) yang disembah oleh Abraham, Ishak dan Yakub. TUHAN ( JEHOVA ) yang berpegang teguh dan setia akan janji dan sumpah yang telah diucapkannya kepada Abraham bahwa Allah ( Elohim ) akan memberkatinya dan keturunannya dan olehnya semua bangsa akan memperoleh berkat, sekalipun mereka telah berbuat dosa dan kejahatan.

Pembacaan BGA hari ini telah membuktikannya bahwa Yakub telah menjadi berkat bagi Laban, pamannya yang sebelum kehadirannya ternak yang dimiliki pamannya itu sedikit, namun sekarang sangat banyak.

Akhirnya tiba waktunya bagi Yakub setelah Rahel melahirkan Yusuf untuk memulai kehidupannya sendiri dan keluarganya, oleh sebab itu ia mohon pamit untuk kembali ke kampung halamannya (25-30). Saat Yakub berbicara itu, keadaan Yakub sangatlah miskin, harta yang dimilikinya hanya istri dan anak-anaknya saja.

 

*Sahabat-sahabat yang terkasih dalam Yesus,* Yakub adalah seorang yang sangat ulet, berdedikasi tinggi, dan juga sangatlah cerdik. Ia sadar akan perbuatannya yang telah dilakukannya terhadap Esau, oleh sebab itu ia ikhlas memperoleh perlakuan yang sangat kejam dan sangat licik oleh pamannya yang sangat tamak itu. Ia menolak diberikan upah selama bekerja, yang diinginkannya hanya keluarganya saja. Bagi Yakub harta yang sangat berharga adalah keluarga. Namun mulai saat itu barulah Yakub mengumpulkan harta sebagai bekal kembali ke rumah orang tuanya. Dan Yakub telah menunjukkan kecerdikannya, yakni memisahkan ternak miliknya yang berbintik-bintik dan berbelang , sedangkan yang tidak sebagai milik pamannya. Dan yang dilakukan Yakub adalah membentuk dahan-dahan agar berbelang ditaruhnya di dalam palungan di depan mata kambing domba saat mereka minum, setelag itu  berkelaminlah mereka dan melahirkan  anak-anaknya yang berbintik dan berbelang.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

Hal itu dilakukannya bagi kambing dan domba kuat, sedangkan yang lemah tidak dilakukannya dan diperuntukan untuk  Laban.

 

*Sobat yang terkasih,* sebagai anak-anak Abraham dan sebagai orang Israel secara iman dan secara rohani, kita pun beroleh janji TUHAN yang  telah diikrarkan kepada Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kristus Yesus bahwa kita telah memperoleh berkat rohani di dalam sorga ( Ef 1:3,11 ). Kita yang telah memperoleh hidup dan hidup di dalam kelimpahan ( Yoh 10:10b ).

 

*1 Petrus 3:8-12 (TB)*

*8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati,*

*9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab:*

*10 “Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.*

*11 Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.*

*12 Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.”*

 

Dan bekerja dengan tekun disertai dengan pengetahuan atau kecerdikan.

 

*Amsal 19:2 (TB)*

*Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah.*

 

*Amsal 13:16 (TB)*

*Orang cerdik bertindak dengan pengetahuan, tetapi orang bebal membeberkan kebodohan.*

 

Kiranya Tuhan Yesus menolong dan memberkati kita semua dan juga menjadi berkat bagi keluarga dan sesama.

 

Salam dan doa

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here