Peduli pada Orang Terdekat

0
393

 

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

1 Timotius 5:1-8

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Kolose 3

 

*AYAT HAFALAN*

1 Timotius 5:8, Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Pemberian yang paling signifikan kepada orang di lingkungan terdekat kita adalah perhatian. Perhatian yang kita berikan bisa dalam bentuk materi, tenaga, waktu, atau hal berharga lainnya. Sulitkah mengeluarkan atau melepaskan sesuatu yang berharga buat orang lain, terutama sanak saudara kita? Jawaban setiap kita bisa berbeda karena keadaan hubungan kita masing-masing. Namun Firman Tuhan mengajarkan untuk memberikan perhatian kepada keluarga kita, tanpa bergantung pada keadaan atau hubungan yang ada. Sebab, sewaktu kita menolak memberikan perhatian kepada keluarga, apalagi bagi mereka yang membutuhkan, kita sedang menyangkal kepercayaan kita sendiri (1 Timotius 5:8).

 

Firman Tuhan mengajarkan kepada kita bahwa menjadi seseorang yang memperhatikan kehidupan orang-orang terdekat, merupakan sesuatu yang patut dilakukan oleh kita sebagai murid-murid-Nya. Sebagai orang tua, bukan saja sekedar memenuhi kebutuhan hidup anak, namun adakah Anda mendidik dan mengasuh anak-anak Anda dalam kasih Kristus dan kebenaran Firman? Sebagai adik atau kakak, apa yang sudah Anda lakukan sebagai tanda perhatian dan pengorbanan kepada saudara Anda? Sebagai anak, tindakan apa yang telah Anda lakukan bagi orang tua sebagai ungkapan terima kasih dan perhatian Anda? *Ambil keputusan mulai hari ini untuk peduli dan memperhatikan orang lain, dimulai dari lingkaran terdekat kita. Percayalah, ketika kita melakukannya, maka bukan saja hubungan Anda akan semakin baik, namun Anda juga telah menjadi saksi Kristus dalam hidup mereka. Saat kita mengasihi dan memperhatikan anggota keluarga, maka kita akan lebih mampu untuk mengasihi orang lain dalam lingkaran yang lebih besar.* (SA)

Baca juga  CARILAH TUHAN MAKA KAMU AKAN HIDUP

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Kapan terakhir kali Anda pernah memperhatikan orang-orang yang ada di dalam lingkungan terdekat Anda?

2. Mengapa kita perlu belajar peduli dan memberi perhatian kepada orang lain terutama orang terdekat kita?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, ampuni aku jika selama ini aku melupakan orang-orang terdekat yang Engkau berikan kepadaku. Ajar aku untuk bisa mengasihi mereka sebagaimana Engkau mengasihiku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Mulailah memberi waktu Anda untuk berbincang-bincang dengan orang yang Anda kasihi. Ungkapkan kepedulian dan perhatian Anda, tanyakan bagaimana hari yang telah ia jalani.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Kita tidak akan pernah bisa pergi terlalu jauh bersaksi tentang kasih Tuhan tanpa kita terlebih dahulu menjadi saksi Kristus di lingkaran orang terdekat kita. — Joel Osteen*

 

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here