Tuhan, Selidikilah Hatiku

0
398

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

 

 

“Selidikilah aku ya Allah dan kenallah hatiku, inilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku. Lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!”

Mazmur 139:23~24″

 

 

Kemungkinan tidak banyak orang termasuk saya yang belum pernah memohon agar Tuhan menyelidiki hati kita.

Bila kita berdoa, kita lebih sering meminta agar Tuhan menyembuhkan kita dan orang-orang lain yang kita sayangi, menolong kita dari berbagai pencobaan, memberi kita rezeki dan lain-lain. Permohonan-permohonan doa di atas, kita dasarkan pada sesuatu yang kita rasakan dan atau yang kita lihat.

Sebenarnya yang  penting bagi kita adalah Tuhan bersedia membimbing kita di jalan yang benar dan yang berkenan kepada-Nya karena Ia telah melihat hati kita walau tanpa kita minta.

Dengan teknologi canggih, orang dapat  mengetahui dalamnya danau Toba (1.600 M), tapi manusia manapun dan peralatan apapun yang canggih seperti lie detector, tidak dapat menduga hati dan pikirin orang lain.

Hanya Tuhan saja yang dapat melihat hati dan pikiran setiap manusia. Tuhan tidak melihat rupa dan kondisi fisik kita seperti manusia pada umumnya. Manusia menyukai paras cantik dan body yang molek sehingga suka menyaksikan kontes-kontes kecantikan seperti Miss World. Namun, Allah tidak melihat rupa, tapi hati.

*”Berfirmanlah  TUHAN kepada Samuel: “janganlah pandang parasnya atau perawakannya yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”*

*1 Samuel 16:7*

 

Dalam Mazmur pasal 139, kita dapat mencontoh doa Daud:

* Tuhan mengerti pikiran kita dari jauh

Baca juga  CARILAH TUHAN MAKA KAMU AKAN HIDUP

(ayat 2)

 

* Tuhan memaklumi segala jalan kita (ayat 3)

 

* Kita bersyukur kepada Allah oleh karena kejadian kita dahsyat dan ajaib

(ayat 14)

 

Bila kita hidup sesuai dengan perintah Tuhan, maka Tuhan akan senantiasa melindungi kita dari jalan yang serong dan meluputkan kita dari bahaya yang menghadang yang tidak kita pikirkan dan tidak kita duga sebelumnya.

*”Jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”*

*Matius 6:6*

Amin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here