ALLAH MENYEDIAKAN YANG KITA BUTUHKAN. 

0
579

 

 

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang

 

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua. 

 

ALLAH MENYEDIAKAN YANG KITA BUTUHKAN.

 

Inilah satu hal yang nyata dari renungan hari ini.

 

“Lalu TUHAN Allah menciptakan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya..” (Kej.2:9a).

 

Taman Eden, tempat manusia pertama, adalah taman yang sangat indah.

Selain dialiri oleh air sungai, juga di dalamnya Allah menumbuhkan berbagai pohon yang bukan hanya buahnya baik untuk dimakan, tetapi juga pohon yang membuat taman itu semakin indah.

 

Itulah sebabnya, ketika manusia pertama ditempatkan di taman Eden itu, mereka diberi tugas untuk ‘mengusahakan dan memelihara’ taman itu (Kej.2:15).

 

Ayat renungan hari ini menyatakan, Allah menyediakan makanan atau kebutuhan untuk kehidupan manusia.

 

Tugas manusialah untuk mengusahakan, mengelola, mengolah dan memelihara, menjaga dan melestarikan apa yang telah Allah sediakan bagi kebutuhan hidup manusia itu sendiri.

 

Dengan mengusahakan dan memeliharanya, menunjukkan bahwa kita manusia mensyukuri pemberian Allah dan bertanggungjawab atasnya.

 

Kesadaran akan tanggungjawab inilah, yang mestinya bergema dalam diri manusia, sehingga tidak ada keinginan mengeksploitasi alam, atau merusak lingkungan hidup, yang di dalamnya Allah  justru telah menyediakan yang perlu bagi kebutuhan hidup atau kehidupan manusia itu.

 

Tanggungjawab kita sebagai orang percaya pada masa kini adalah memelihara, menjaga, merawat dan mengembangkan tanaman, tumbuhan, pepohonan atau apa pun yang telah disediakan (diciptakan) Allah demi kehidupan kita di dunia ini.

 

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

 

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here