Jangan Merusak Bumi

0
358

 

 

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang

 

Selamat siang dan salam damai sejahtera bagi kita semua. 

 

JANGAN MERUSAK BUMI.

 

Itulah salah satu inti pesan ayat renungan hari ini.

 

Tertulis pada Wahyu 9:4, sebagai berikut: Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan atau pun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai Allah di dahinya”.

Suatu penggambaran datangnya penghukuman Allah atas dunia ini, terutama bagi orang-orang yang tetap bertahan dalam dosanya dan tidak mau bertobat.

Di sini kita melihat, penghakiman itu justru didatangkan untuk menghentikan segala kejahatan manusia.

Mengapa bumi dan isinya (rumput, tanaman, pepohonan) tidak dirusak?

Mengapa hanya manusia yang tidak memakai “penanda/pertanda yang dari Allah” yang dihukum?

Karena Allah masih mengasihi orang-orang yang hidup setia dan mencintai kebenaran itu menerima berkat dan karunia-Nya, yaitu kehidupan yang ditopang oleh seluruh ciptaan di bumi ini.

Allah memberikan kesempatan kepada orang-orang beriman, taat dan setia melakukan kebenaran yang dari padaNya, hidup dalam kenyamanan dengan seluruh berkat-berkatNya yang tersedia di bumi ini.

Karena itu, pesan ayat hari ini dapat berupa panggilan kepada orang percaya untuk tetap hidup dalam iman dan kebenaran yang dari Tuhan, dan tetap setia dan menaati Tuhan, apa pun yang menjadi pengalaman hidupnya. Apa pun yang dihadapinya.

Oleh karena itu, marilah kita tetap setia dalam iman kepada Tuhan, sementara kita tetap menunjukkan rada syukur dan terimaksih kita kepada-Nya melalui “pemeliharaan atas segala ciptaan-Nya”.

Marilah kita menjaga dan memelihara lingkungan kita.

Bumi, air, darat, laut, gunung dan bumi ini.

Baca juga  Intip Pasar Indonesia, Protech Tawarkan Produk Ramah Difabel

 

Memelihara bumi, merawat bumi dan menyelamatkan bumi dari kehancuran yang dibuat oleh sesama kita manusia, karena keserakahan dan kecerobohannya. Merawat alam dan ciptaan Tuhan, demi kebaikan kita semua.

 

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. AMIN.

 

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here