Pembebasan Tuhan : Jalan Keluar atas Masalah

0
340

 

 

Oleh: Pdt. Stefanus Hadi Prayitno

 

Syalom

Baca: Mazmur 34:16-23

 

“Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;” (Mazmur 34:20)

 

Pembebasan lain yang dikerjakan Tuhan bagi umat-Nya adalah membebaskan dari segala kesesakan dan penderitaan, artinya selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah dan kesesakan yang kita alami. Maka dari itu saat dalam masalah jangan sekali-kali menjauhkan diri dari Tuhan, apalagi sampai meninggalkan Dia. Kita harus lebih lagi mencari wajah Tuhan, karena semakin kita melangkah jauh dari Tuhan semakin jauhlah kita dari tangan-Nya yang kuat, sehingga kita semakin tidak punya kekuatan menghadapi masalah.

 

Sebaliknya jika kita tinggal dekat Tuhan, ada jaminan perlindungan. “TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.” (Mazmur 37:23-24).

 

Sehelai rambut pun tidak akan jatuh tanpa sepengetahuan Tuhan (baca Matius 10:30).

 

Ketika para rasul (utusan Tuhan) ditangkap oleh Imam Besar dan orang-orang Saduki yang membencinya dan dimasukkan ke dalam penjara kota, tiba-tiba “…waktu malam seorang malaikat Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu dan membawa mereka ke luar, katanya: ‘Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak.’ ”  (Kisah 5:19-20).

 

Tuhan mengutus malaikat-Nya untuk membebaskan rasul-rasul itu dengan cara-Nya yang ajaib, “…sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.” (Mazmur 91:11).

 

Sangat jelas bahwa Tuhan memiliki banyak cara untuk membebaskan, melepaskan dan meluputkan umat-Nya dari segala bentuk kesukaran, ujian dan pergumulan yang ada. Salah satu caranya adalah mengirimkan para malaikat-Nya untuk menjaga di segala jalan kita. Malaikat-malaikat diutus Tuhan untuk melayani umat yang memerlukan pertolongan-Nya. Janji perlindungan Tuhan pun benar-benar terbukti.

Baca juga  HIDUP BERIMAN DAN BERHIKMAT

 

Andalkan Tuhan dan libatkan Dia di segala aspek hidup ini, “…janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.” (Amsal 3:5), maka pada saat yang tepat Tuhan akan bertindak menolong kita dan meluputkan kita dari kesukaran.

 

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Filipi 4:13)

Gembala Jemaat :

Pdt. Dr. Stefanus Hadi P.

Jesus bless you n fam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here