Tiga Hal Duniawi yang Menggoda Umat Kristen

0
2965

 

 

Oleh: DR. DR. STEFANUS WIJI SURATNO, SE, MM, PHD, DTH (C)

 

 

1 Yohanes 2:16-17 (TB)  Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

 

Dari awal dunia diciptakan hingga akhir jaman tiba tiga hal yang diungkapkan oleh Rasul Yohanes ini selalu menggoda umat Allah agar jatuh di dalam dosa. Yaitu keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup. Ketiga hal ini bukan berasal dari Bapa tetapi dari dunia atau dari godaan Iblis. Barangsiapa bisa lolos dari godaan ketiga hal ini maka dia akan selamat dan beroleh hidup.

1. Keinginan Daging.

Dalam kitab Galatia 5 : 19-21 dijelaskan dengan rinci tentang keinginan daging. Bahaya percabulan adalah titik berat pembahasan ini. Dari banyak contoh di Alkitab kejatuhan manusia akan dosa ini sangat banyak contohnya dimulai dari Simson, Raja Daud, Raja Salomo yang merupakan alat Tuhan tetapi jatuh karena dosa ini. Rasul Paulus menegaskan di Galatia diatas bahwa siapapun yang jatuh karena dosa ini tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah ( Galatia 5 : 21 ). Dalam 10 hukum Allah masuk pada hukum yang ketujuh yaitu jangan berzinah ( Keluaran 20 : 14. Dan Tuhan Yesus lebih memberikan rambu-rambu yang lebih berat lagi yaitu Matius 5 : 27-29 jangan sampai kita berdosa melalui mata kita. Lebih baik masuk sorga dengan mata kanan tercungkil dari pada dengan mata utuh masuk ke neraka. Perintah ini berat tapi berbahagialah orang yang selalu takut akan Tuhan akan terlepas dari jerat dosa ini. Contoh adalah Yusuf yang bisa mengatasi ujian ini. Kejadian 39 : 1-23 sekalipun Yusuf harus kena fitnah dan masuk ke penjara namun dia bisa berhasil terus dimana saja dia ditempatkan. Inilah contoh keberhasilan umat Tuhan.

Baca juga  Ketum PDRIS Membagikan "Tips Jitu" Sebagai Edukasi untuk Mengatasi Virus Corona 

2. Keinginan Mata.

 

Dalam 10 hukum Allah dosa ini masuk dalam hukum yang ke 8 dan 10 ( Keluaran 20 : 15, 17 ).

Dosa ini sekarang menjalar ke seluruh dunia yaitu dosa tamak atau serakah terhadap harta. Karena uang banyak umat Tuhan jatuh dalam dosa ini. Tuhan Yesus juga sudah menasihatkan agar jangan ada Mamon didalam hidup kita ( Matius 6 : 22-24. Mata adalah pelita tubuh jika matamu jahat maka betapa jahatnya seluruh tubuhmu. Kejahatan korupsi saat ini telah merajalela di Indonesia sehingga setiap bulan ada pejabat yang tertangkap tangan karena kejahatan korupsi ini atau disebut extra ordinary crime yaitu kejahatan luar biasa. Jadi benar kata Alkitab bahwa dosa ini tidak diperkenan oleh Allah juga pemerintah. Banyak contoh di Alkitab yang jatuh karena dosa ini seperti Akhan( Yosua 7 : 1-25 ). Yudas ( Lukas 22 : 3-6; Matius 27 : 3-5 ), Ananias dan Safira ( Kisah Rasul 5 : 1-11 ). Karena dosa terhadap uang mereka harus mengalami kematian sia-sia. Hendaklah kita selalu jujur dan berusaha mencukupkan diri dengan apa yang ada pada kita. ( I Timotius 6 : 6-10 ).

3. Keangkuhan Hidup

Keangkuhan hidup atau kesombongan juga dosa yang sangat dibenci oleh Allah. Iblis adalah malaikat ciptaan Allah yang diusir kedunia ini karena sombong dan ingin menyamai seperti Allah. Contoh di Alkitab merupakan hukuman Allah terhadap orang yang sombong yang berakhir dengan hukuman dan kematian yaitu Nebukadnezar, Absalom dan Herodes ( Daniel 4:29-32; II Samuel 18 : 1-33 ; Kisah Rasul 12 : 20-23 ).

Bagaimana Mengatasinya :

Tuhan Yesus setelah berpuasa 40 hari 40 malam maka dia dicobai oleh Iblis sebanyak 3 kali . Dan tiga cobaan ini merupakan gambaran bagaimana mana mengatasi ketiga masalah di dunia yaitu keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup ( Matius 4 ; 1-11 )

Baca juga  Ketum PDRIS Membagikan "Tips Jitu" Sebagai Edukasi untuk Mengatasi Virus Corona 

Ayat 4, 7, 10 merupakan cara menangkal ketiga ujian didunia ini supaya kita beroleh selamat.

PENGAJARAN :

Dengan bertekun, taat dan takut akan Tuhan terhadap segala perintah-perintahNya maka kita akan mampu untuk mengalahkan ketiga cobaan hidup yaitu keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup. Hiduplah menurut keinginan Roh karena keinginan Roh membawa kita ke dalam hidup yang kekal sedang keinginan daging membawa kita kepada kebinasaan ( Galatia 5 : 16-26 ).

DOA :

Tuhan berikanlah kami kekuatan untuk menjalani hidup ini karena kami manusia yg bersifat daging adanya. Berilah kami dipimpin oleh Roh agar kami bisa mengikuti segala kehendakMu karena sifat daging kami lemah adanya.

Salam sejahtera

DR. DR. STEFANUS WIJI SURATNO, SE, MM, PHD, DTH (C)

Dosen Program Doktor Ilmu Manajemen dan Theologia

Universitas Persada Indonesia YAI

Universitas Katolik Parahiyangan

Harvest International Theological Seminary.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here