Termasuk Tipe Orang Kristen Yang Manakah Kita??

0
960

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

 

 

“Engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.”

*Wahyu 3:15~16*

 

 

Salah satu tipe orang yang mengaku Kristen adalah *Kristen suam-suam kuku.* Saya tidak hendak menghakimi orang karena dari tahun 1975~2006, saya termasuk dalam tipe ini. Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa iblis sudah kehilangan akal dan frustrasi karena selalu gagal dengan strategi konfrontatif untuk melawan ajaran Kristus, dengan menyatakan bahwa *Yesus tidak disalib, Yesus tidak bangkit kembali dari kematian dan Yesus bukan Putra Allah dan Alkitab bukan Firman Allah. Ternyata banyak orang Kristen yang membantahnya dan sama sekali imannya tidak goyah.

Akhirnya, iblis menerapkan strategi baru, yakni agar orang yang *so called* orang Kristen, tidak sungguh-sungguh beribadah kepada Tuhan. Imannya jadi suam-suam kuku.

Kristen suam-suam kuku, adalah Kristen KTP yang lebih mengutamakan kepentingan duniawi.

Ciri-ciri orang yang imannya suam-suam kuku adalah:

√ Bibir memuliakan Allah, puji Tuhan, haleluya,. . . dll, tapi hatinya jauh Tuhan.

*”Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh daripada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”*

*Markus 7:6~9*

✓ Mereka beribadah tapi hatinya cenderung pada hawa nafsu duniawi.

*”Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah, tetapi pada hakekatnya memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu.”*

*2 Timotius 3: 5*

 

✓ Orang-orang ini di depan orang-orang non Kristen, takut dan ragu-ragu untuk mengakui Yesus dan kebenaran Firman-Nya.

*”Banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang, supaya mereka jangan dikucilkan.”*

Baca juga  IBADAH YANG SEJATI

*Yohanes 12:42*

 

✓ Mendengar Firman Tuhan tapi tidak pernah benar-benar mencamkannya seperti.menabur benih di bebatuan (baca Matius 13:19) dan sekali-kali tidak pernah terpikir untuk menjadi pelaku firman.

 

Tipe orang Kristen yang kedua adalah *orang Kristen yang sejati.* Orang-orang ini benar-benar percaya dan punya pendirian yang tidak  goyah bahwa  Yesus adalah Anak Allah dan Yesus sendiri adalah Tuhan. Dalam kenyataan hidup orang-orang ini sangat mengasihi sesama dan menjadi pelaku Firman.

Ciri-ciri orang Kristen ini adalah:

 

✓ Memiliki iman yang tetap kokoh walau menghadapi berbagai masalah hidup/krisis

(baca Matius 7:24~27).

 

✓ Berani bersaksi dengan berani mengenai Yesus walaupun ada ancaman, aniaya maupun risiko mati syahid (baca Lukas 21:12~15; Kid 4:29,31,33)1

 

Kita harus berjuang untuk menjadi pengikut Kristus dengan hati/iman yang mantap dan tidak goyah terhadap intimidasi, ancaman terlebih godaan kedagingan (berganti iman kepercayaan karena calon pasangan hidup, ingin promosi jabatan, dan lain-lain).

Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here