Berserulah kepada Tuhan Meminta Pertolongan

0
703

 

 

Oleh:  Pdt. Dr.Anna Vera Pangaribuan

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

2 Samuel 22:7, Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada Allahku aku berseru. Dan Ia mendengar suaraku dari bait-Nya, teriakku minta tolong masuk ke telinga-Nya.

 

MINTA PERTOLONGAN

 

Kondisi yang sulit akan mempengaruhi kita akan sandaran tempat kita untuk berkonsultasi dan berhubungan. Seorang murid sekolah dasar mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika di sekolah. Kemudian tidak berpikir panjang lebar unuk memahami pelajaran matematika tersebut dia langsung berkomunikasi dengan salah seorang teman yang dianggap mampu dan layak membantunya. Memang sesuai dengan keyakinannya, bahwa dia dapat dibantu dan hasil ujian mid semester mereka lumayan baik dan penuh keajaiban. Kepasrahan anak yang tidak paham matematika tersebut menyerahkan seluruh kekawatirannya kepada temannya yang mengetahui pelajaran matematika tersebut. Memang secara langsung anak yang tidak paham pelajaran matematika tadi murni untuk meminta bantuan dari temannya. Bantuan yang diperoleh bukan hanya sebatas bantuan yang cuma-cuma, tetapi itupun menjadi pelajaran yang berharga bagi kita.

 

Kesadaran akan kemampuan ini juga ini pernah dialami Daud sewaktu melawan musuh-musuh Daud. Namun setelah Daud tua, ia mengingat perbuatan Allah yang terjadi atas Daud di dalam perjuangan. Keselamatan yang dari pada Allah memang bertujuan kepada umatNya tetapi bukan berarti hamba Allah tidak diselamatkan. Daud adalah bukti keselamatan yang diberikan oleh Allah kepada Daud, dengan begitu Daud mengucapkan: Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada Allahku aku berseru. Dan Ia mendengar suaraku dari bait-Nya, teriakku minta tolong masuk ke telinga-Nya. Daud berseru. Allah mendengar dan memperhatikan umatNya, untuk menyelamatkan umatNya dari kuasa maut. Berseru dan mendengar suara Tuhan adalah merupakan ciri khas seorang murid Tuhan yang mau menyampaikan keluh kesah. Serta keyakinannya diserahkan kepada Allah sebab hanya Allah saja yang mampu menolong kita dan menyelematkan kita dari kuasa dosa.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

Saudaraku kekasih, Minggu ini kita diingatkan agar setia kepada Allah sang pemilik kehidupan dan tetaplah Berjaga-jaga menunggu kehadiran Allah. Pada hari ini kita diingatkan kembali dengan kuasa dan kekuatan Allah menolong Daud dalam kesesakan dan penderitaan yang dia alami. Tentu saat ini kita juga  mempunyai kesesakan dan penderitaan masing-masing, tetapi yang mau ditekankan bukan penderitaan dan kesesakan yang terjadi di dalam kehidupan kita saat ini. Tetapi siapakah yang mau dan berhasil menolong hidup kita? Apakah kita ingin diselamatkan? Jika kamu mau, marilah datang kepada Allah untuk mengandalkan kuasa Allah dalam situasi apapun dan kapanpun. Melalui baitNya kita datang untuk meminta dan memohon melalui doa-doa kita agar Allah menguatkan dan memampukan kita menjalani hidup dan waktu ini. Amin

 

HAPPY DAY

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Dr.Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here