Allah: Bapa yang Baik

0
759

 

 

Oleh: DR. DR. Stefanus Wiji Suratno SE, MM , PhD, DTh ( c )

 

Matius 7:7 (TB)  “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

 

 

Tuhan Yesus dalam pelayananNya yang singkat memberikan pengajaran yang aktual, mudah dicerna, jelas, dapat dijalankan oleh siapa saja dan kapan saja serta sederhana dan mudah diingat oleh umatNya.

Pengajaran di Matius pasal 5-7 terkenal dengan sebutan Khotbah Di Bukit. Pengajaran ini ditujukan kepada murid-muridNya agar benar-benar taat pada Allah dan bersandar pada Allah serta takut akan Allah. Pada pasal 6 diajarkan agar kita jangan kuatir akan hidup ini. Semakin hari semakin kita rasakan bahwa hidup ini penuh persaingan dan makin sulit. Bukan hanya sulit ekonomi saja tetapi perkembangan jaman yang terus berubah. Jaman dulu masih jaman konservatif, sekarang berubah menjadi jaman yang modern bahkan 10 tahun yang akan datang kita masuk era digitalisasi sehingga yang tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi akan kehilangan pekerjaan.

Kita lihat tokoh pengusaha China Jack Ma akhir-akhir ini buka bisnis coffee yang tidak perlu ada karyawan dimana semua dijalankan dengan robotic dan sistem pembayarannya dengan on line. Ini tantangan di masa depan.

Tapi anak-anak Tuhan sudah dibuatkan antisipasi oleh Tuhan melalui ayat diatas.

1. MINTA LAH MAKA AKAN DIBERIKAN PADAMU.

Kata minta ini lebih ditekankan pada kebutuhan materi. Selama kita hidup perlu makan perlu pakaian dan perlu uang.  Jadi menghadapi hidup kita butuh materi. Kalau kita malas bekerja maka janganlah kita makan ( II Tesalonik 3 : 10 ). Jadi secara kodrat manusia harus bekerja. Masalahnya apakah dengan bekerja bisa mencukupi hidup? Nah Tuhan memberi  kita akal untuk melakukan perencanaan yang baik dalam berkeluarga. Carilah jodoh yang seiman sehingga saat mengarungi hidup baru bisa saling menopang. Allah memberikan garansi bahwa tak ada umatNya yang akan mati karena kelaparan. Tuhan berkata agar kita meminta kepada Tuhan maka apa yg kita minta akan diberikan. Kalau anak-anak minta sesuatu kepada bapa yang didunia pasti diberikan apalagi Bapa kita yang di sorga. Murid-murid Tuhan semalaman tidak dapat ikan walaupun ahli sebagai penjala ikan. Tapi saat Tuhan berkata pergi ke tempat yang lebih dalam dan tebarkan jala. Saat itu murid-murid Tuhan mendapatkan ikan besar-besar sehingga jala mulai koyak. Baru menyadari bahwa ada Tuhan berkat akan terus mengalir dalam hidup kita.

Baca juga  FIRMAN YANG MENJADI MANUSIA

2. CARILAH MAKA KAMU AKAN MENDAPAT.

Ayat ini berbicara tentang usaha. Anak-anak Tuhan tidak boleh mentang-mentang Tuhan baik terus bermalas malasan. Kata cari berarti ada niat dan semangat untuk berusaha. Jadi kita harus terus berusaha untuk mendapatkan rejeki. Apa bedanya dengan orang yang belum percaya? Nah disini perbedaan yang mencolok bahwa anak Tuhan dituntun oleh Tuhan kemana harus melangkah. Seperti Petrus saat ketemu Kornelius dia berpikir dia orang asing biasa disebut orang kafir. Tapi saat Tuhan perintahkan melayani orang kafir Petrus berpegang pada ajaran gereja. Tapi karena petunjuk Tuhan semua menjadi dimudahkan. Untuk mencari rejeki harus minta pimpinan Tuhan agar semua jalan dimudahkan. Kalau kita terus mencari sesuai petunjukNya maka kita akan memperolehnya.

3. KETOKLAH PINTU MAKA AKAN DIBUKAN BAGI KITA.

Ayat ini berbicara tentang hati Tuhan. Bagaimana mengetuk pintu hati Tuhan? Alkitab sudah mengajarkan bila kita menuruti segala perintah perintahNya maka Allah akan membuka pintu berkat bagi kita. Apa yang menjadi penghalang dalam hidup kita ? Yesaya 59 : 1-2 dosa dan kejahatan kita yang menjadi penghalang tangan Tuhan tidak memberkati kita. Mari kita beperkara kata Tuhan ( Yesaya 1 : 18 ) sekalipun dosamu merah seperti kirmizi akan putih seperti salju dan sekalipun merah seperti kain kesumba akan putih seperti bulu domba. Syaratnya ayat 19 bila kita turut perintah Tuhan maka kita akan menikmati hasil baik. Bukalah pintu hati Tuhan dengan menyenangkan hatiNya maka segala kebutuhan dan keperluan kita akan dilimpahkan kepada kita.

Bila saat ini saudara merasa jauh dari berkat ingat lah Matius 7 : 7 Mintalah maka akan diberikan padamu, carilah maka kamu akan mendapat dan ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu. Sebagai anak-anak Tuhan tidak perlu takut dan kuatir akan apa yang akan kita makan atau pakai. Semua akan disediakan bagi umat yang setia menjalankan perintah Tuhan.

Baca juga  CARILAH TUHAN MAKA KAMU AKAN HIDUP

Doa : Ya Tuhan pimpin dan didiklah aku di dalam perintah – perintahMu agar aku beroleh hati yang bijaksana.

Salam kasih

DR. DR. Stefanus Wiji Suratno SE, MM , PhD, DTh ( c )

Dosen Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Persada Indonesia YAI dan Universitas Katolik Parahiyangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here