Keselamatan Universal

0
462

 

 

Oleh: Pdt.Dr. Anna Vera Pangaribuan

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

Yesaya 35:6-7, Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; sebab mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara; tanah pasir yang hangat akan menjadi kolam, dan tanah gersang menjadi sumber-sumber air; di tempat serigala berbaring akan tumbuh tebu dan pandan.

 

 

 

Ketika seorang anak yang berumur 6 tahun jatuh sakit, apapun yang ditawarkan oleh orang tuanya kepadanya tidak akan menjadi suatu sukacita yang besar di dalam hidupnya. Sakit yang yang dideritanya dapat mempengaruhi semangat dan sukacitanya terhadap sekelilingnya. Tetapi yang pasti orangtuanya berusaha dan berharap agar anaknya segera sembuh melalui segala usaha dan dukungan diberikan kepada anaknya. Sukacita itu akan terlihat ketika anaknya mengalami kesembuhan dan kesembuhan itu bukan berasal dari manusia tetapi berasal dari Allah. Allah menyatakan kuasanya melalui mujizat yang diberikan kepada anak tersebut. Bahkan sukacita itu sungguh luar biasa apabila anak tersebut mengalami sakit lebih dari dua tahun lamanya bahkan lebih dapat sembuh . Harapan dan doa orang tuanya hanyalah kesembuhan yang dari pada Allah. Logika manusia tidak dapat memahami rencana dan jalan Allah di dalam hidup manusia.

 

Umat Allah yaitu bangsa Israel mengalami kesedihan yang mendalam sebab ketika bangsa Israel di dalam pembuangan mereka sepeti tidak mempunyai harapan selamat dari tanah perbudakan. Keselamatan bangsa Israel tidak dapat dikerjakan dengan usaha dan kepintaran bangsa Israel. Allah mempunyai usaha sendiri untuk menyatakan keselamatan kepada umat Israel. Allah menyatakan kuasanya melalui nubuatan Yesaya yang mengatakan Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai;

Keselamatan yang utama adalah keselamatan fisik yang digambarkan melalui kesembuhan yang luar biasa yaitu yang buta boleh melihat dan yang bisu boleh bernyanyi. Kemudian mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara; tanah pasir yang hangat akan menjadi kolam, dan tanah gersang menjadi sumber-sumber air; dari tempat yang tidak mungkin akan dialiri oleh air Allah menyatakan kuasaNya disana dan di tempat serigala berbaring akan tumbuh tebu dan pandan. Sesuatu yang tidak dapat dipahami oleh pemikiran manusia Allah menyatakan kuasanya untuk menyelamatkan umatNya.

 

Saudaraku kekasih, tidak ada lagi alasan manusia tidak bersukacita di dalam hidupnya kepada Allah. Allah telah menyatakan kuasaNya kepada setiap umatNya yang percaya kepada-Nya tanpa melihat kesalahan dan dosa-dosa umat yang utama dipikiran Allah. Allah lebih mengutamakan kasih kesetiaanNya kepada umat dalam rangka menyatakan keselamatan dibandingkan melihat setiap dosa yang dilakukan oleh umat. Melalui segala sesuatu yang tidak mungkin Allah menyatakan keselamatan kepada umat sebab keselamatan yang diberikan oleh Allah bukan keselamatan pribadi tetapi keselamatan yang universal. Ketidakberdayaan kita menjadi sebuah kekuatan yang diberikan oleh Allah untuk menjalani hidup ini lebih baik lagi. Jika kita menerima keselamatan dari Allah, maka hanya satu yang diinginkan oleh Allah yaitu bersukacita di dalam hidup ini. Sekali lagi dikatakan marilah bersuka cita karena keselamatan dari Allah. Amin

 

HAPPY DAY

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt.Dr. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here