TETAPI KAMU HARUS BERIBADAH KEPADA TUHAN, ALLAHMU. 

0
2283

 

 

Oleh: Pdt Martunas P Manullang

 

 

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua.

 

TETAPI KAMU HARUS BERIBADAH KEPADA TUHAN, ALLAHMU.

 

Inilah perintah yang sangat jelas, seperti ditulis pada ayat renungan hari ini. Dari kitab Keluaran 23:25: “Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.”

 

Hal “beribadah kepada TUHAN”, Allah yang dikenal oleh bangsa Israel, yaitu Allahnya Abraham, Ishak dan Yakub, adalah suatu keharusan bagi bangsa Israel, sebagai umat TUHAN. Di mana pun mereka tinggal atau hidup bersama dengan orang (bangsa) lain, tetapi mereka harus ingat untuk taat dan setia: BERIBADAH KEPADA TUHAN, ALLAH ISRAEL.

 

Jika mereka sungguh-sungguh menaati TUHAN, tidak mau sujud atau menyembah kepada allah lain, ilah lain, atau dewa-dewi yang disembah oleh orang-orang di sekeliling mereka; jika mereka tetap setia beribadah jepada TUHAN, maka TUHAN ALLAH akan menepati janji-Nya kepada mereka.

 

Janji itu, antara lain:

1. TUHAN akan mengalahkan musuh atau lawan-lawan bangsa Israel (Kel.23:22).  2. Roti makanan dan air minuman diberkati. Artinya apa yang dimakan atau diminum, dibetkati TUHAN ( Kel. 23:25).

3. TUHAN akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengah mereka (Kel.23:25).

4. Tidak akan ada lagi perempuan yang keguguran atau mandul (Kel.23:26).

5. Tahun umur mereka akan digenapkan TUHAN (Kel.23:26).

6. TUHAN akan membuat musuh-musuh bangsa Israel takut thdp mereka (Kel. 23:27).

 

Menarik untuk benar-benar memperhatikan dan merenungkan pesan Firman TUHAN hari ini. Penekanannya adalah “BERIBADAH KEPADA TUHAN”. Ibadah adalah hal utama atau prioritas dalam kehidupan ini. Bukan yang lain.

 

Dan hal ini menyadarkan dan mengingatkan kita kembali kepada khotbah atau pengajaran Tuhan Yesus, pada Matius 6:33: “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”.

Atau, pengajaran Yesus yang meringkas semua hukum dan mengatakan hukum yang terutama adalah : “Kasihilah, Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.” Dan: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri ” (lih. Mat. 22:37-40).

 

Ini sangat relevan dengan kehidupan kita sebagai orang percaya, bukan hanya pada saat ini, tetapi sepanjang zaman. “Mengutamakan TUHAN dalam kehidupan”. “Taat dan setia beribadah hanya kepada TUHAN”. Ini bukanlah pilihan, tetapi keharusan.

 

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

 

Pdt Martunas P Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here