TUHAN MELIHAT MOTIVASI DAN PROSES 

0
914

 

Yeremia 9-10

 

Yeremia 9:23-24 (23) Beginilah firman TUHAN: “Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, (24) tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN.”

 

Melalui Firman Tuhan ini, ada tiga hal yang Tuhan ingatkan kepada kita sebagai umat Tuhan dan sebagai orang yang beriman, yaitu Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, Janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya dan Janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya.

 

Sebab Tuhan MELIHAT MOTIVASI dan PROSES, yaitu :

 

• MOTIVASINYA menjadi biijaksana, menjadi kuat dan menjadi kaya karena bermegah untuk diri sendiri, jadi Motivasinya tidak murni dan tidak benar, sebab Motivasinya bukan untuk Tuhan, tetapi motivasi, fokus dan prioritasnya untuk diri sendiri.

 

• PROSESNYA menjadi biijaksana, menjadi kuat dan menjadi kaya karena bermegah dengan memakai kekuatan sendiri dan mengandalkan kekuatan sendiri, jadi Proses untuk menjadi bijaksana, menjadi kuat dan menjadi kaya tidak mengandalkan Tuhan, yaitu tidak memakai prinsip, nilai nilai dan cara cara yang dari Tuhan

 

Oleh karena itu sebagai Umat Tuhan dan sebagai orang yang beriman, kita harus MENGERTI dan MENYADARI prinsip kebenaran ini, bahwa Tuhan melihat MOTIVASI dan PROSES bukan melihat hasil akhirnya, dan bagi Tuhan TIDAK ADA JALAN PINTAS.

 

Sebab Tuhan ingin, Tuhan senang, Tuhan berkenan dan Tuhan sangat menyukai apabila setiap kita sebagai umat Tuhan dan sebagai orang yang beriman, menjadi biijaksana, menjadi kuat dan menjadi kaya karena Motivasinya benar dan Prosesnya benar, yaitu dengan kita :

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

• BERMEGAH KARENA KITA MEMAHAMI TUHAN.

 

Arti kata Memahami Tuhan = Sakal (ibrani), artinya adalah kita dapat mengerti, dapat menangkap dan dapat memahami apa yang dimaksud, yang diinginkan dan yang dikehendaki oleh Tuhan dan kita juga setuju dan sepakat dengan kehendak Tuhan, sehingga kita menjadi orang yang bijaksana dalam mengambil keputusan dan dalam menjalani segala aspek kehidupan kita,

 

Jadi karena kita MEMAHAMI TUHAN, maka Motivasi dan Proses kita untuk menjadi bijaksana, menjadi kuat dan menjadi kaya, memakai prinsip, nilai nilai dan cara cara yang benar, yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

 

• BERMEGAH KARENA KITA MENGENAL TUHAN.

 

Arti kata Mengenal Tuhan = Yada (ibrani), artinya adalah kita mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan dan mengenal Tuhan secara pribadi, ini seperti hubungan suami dan istri yang saling mengenal secara pribadi, tidak ada yang disembunyikan, terbuka, menerima apa adanya, mengasihi tanpa syarat dan saling menikmati.

 

Jadi karena kita MENGENAL TUHAN, maka Motivasi dan Proses kita untuk menjadi bijaksana, menjadi kuat dan menjadi kaya, benar benar hanya percaya dan mengandalkan Tuhan, sebab semua hanya oleh anugerah Tuhan.

 

• BERMEGAH KARENA KITA MEMAHAMI DAN MENGENAL BAHWA HANYA TUHANLAH YANG DAPAT MENUNJUKKAN KASIH SETIA, KEADILAN DAN KEBENARAN DIBUMI.

 

Artinya karena kita Memahami dan Mengenal Tuhan dengan benar, maka Motivasi dan Proses untuk kita menjadi bijaksana, menjadi kuat dan menjadi kaya, benar benar hanya percaya dan mengandalkan Tuhan, dan kita juga taat dan berkomitmen untuk memakai prinsip, nilai nilai dan cara cara yang benar, yang sesuai dengan kehendak Tuhan, sebab kita PERCAYA, kita MEMILIKI IMAN dan kita juga MEMILIKI KEYAKINAN YANG KUAT bahwa hanya Tuhanlah yang dapat menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di Bumi.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

Biarlah melalui perenungan Firman Tuhan ini membuat kita BERUBAH, MENYADARI dan MENGERTI bahwa Tuhan MELIHAT MOTIVASI dan PROSES, sehingga kita hanya bermegah karena kita Memahami dan Mengenal Tuhan yang penuh kasih, yang setia, yang baik, yang berkemurahan, yang adil dan yang benar.

 

Deklarasi Firman Tuhan :

Puji Tuhan ! Oleh anugerah Tuhan Roh Kudus menolong dan memampukan kami untuk memiliki motivasi yang benar dan menjalani semua proses kehidupan dengan cara cara yang benar yang sesuai dengan kehendak Tuhan ! Oleh anugerah Tuhan, kami mau bermegah karena kami dapat memahami, mengerti dan menangkap apa yang menjadi kehendak Tuhan dan kami mau bermegah karena kami mengenal Tuhan secara pribadi dan kami memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan, sehingga kami dapat selaras dan sepakat dengan kehendak Tuhan ! Kami percaya bahwa Tuhan akan selalu menunjukkan kasih setia, keadilan, kebaikan, kemurahan dan kebenaran Nya kepada kami ! Grace 3x !

 

Pemahaman dan Pengenalan kita akan Tuhan yang benar akan mempengaruhi bagaimana motivasi kita dan bagaimana kita menjalani proses kehidupan kita, sebab Pemahaman dan Pengenalan kita akan Tuhan lebih berharga dan lebih penting dari pada kekayaan dan kesuksesan dunia ! Have a blessed day ! Gbu all. AM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here