Bertobat dan Kembali kepada Tuhan

0
1514

Yeremia 3-4

 

 

 

Yeremia 3:19 (19) Tadinya pikir-Ku: “Sungguh Aku mau menempatkan engkau di tengah-tengah anak-anak-Ku dan memberikan kepadamu negeri yang indah, milik pusaka yang paling permai dari bangsa-bangsa. Pikir-Ku, engkau akan memanggil Aku: Bapaku, dan tidak akan berbalik dari mengikuti Aku.

 

Melalui nabi Yeremia ini, Tuhan menyampaikan isi hati Nya, keinginan Nya, kerinduan Nya, harapan Nya dan rencana Nya atas bangsa Israel, bahwa :

 

• Tuhan ingin menempatkan bangsa Israel sebagai anak anak Nya dan sebagai milik Nya, artinya Tuhan ingin supaya bangsa Israel menyadari dan mengerti bahwa Identitas, Status dan Posisi mereka dihadapan Tuhan sebagai Son (anak Allah)

 

Seperti bangsa Israel, demikian juga dengan kita, Tuhan ingin supaya kita sebagai umat Tuhan dapat menyadari dan memgerti bahwa didalam Kristus Identitas, Status dan Posisi kita dihadapan Tuhan sebagai Son (anak Allah).

 

• Tuhan ingin memberikan kepada bangsa Israel suatu negeri yang indah, milik pusaka yang paling permai dari bangsa bangsa, artinya Tuhan ingin memberikan kepada bangsa Israel suatu negeri yang terbaik dan yang indah.

 

Seperti bangsa Israel, demikian juga dengan kita, Tuhan ingin supaya kita percaya, menerima, menyadari dan mengerti bahwa Tuhan ingin memberikan kepada kita suatu kehidupan yang terbaik dan yang indah.

 

• Tuhan ingin supaya bangsa Israel memanggil dan mengenal Tuhan mereka sebagai Bapa dan bangsa Israel tidak Tuhan, artinya Tuhan ingin menjadi Bapa bagi bangsa Israel dan bangsa Israel tetap setia kepada Tuhan.

 

Seperti bangsa Israel, demikian juga dengan kita, Tuhan ingin supaya kita dapat memanggil dan mengenal Tuhan kita, sebagai Bapa kita yang baik, yang menjamin dan yang memelihara kita.

Baca juga  FIRMAN YANG MENJADI MANUSIA

 

Tetapi yang terjadi bangsa Israel tidak melakukan seperti yang diinginkan, dirindukan dan diharapkan oleh Tuhan, sebab :

 

• Bangsa Israel berlaku seperti seorang isteri yang tidak setia kepada suaminya, yaitu tidak setia kepada Tuhan !

 

Yeremia 3:20 (20) Tetapi sesungguhnya, seperti seorang isteri tidak setia terhadap temannya, demikianlah kamu tidak setia terhadap Aku, hai kaum Israel, demikianlah firman TUHAN.

 

• Bangsa Israel telah memilih jalan yang sesat dan melupakan Tuhan, sebab mereka telah melakukan penyembahan berhala !

 

Yeremia 3:21 (21) Dengar! Di atas bukit-bukit gundul kedengaran tangis memohon-mohon dari anak-anak Israel, sebab mereka telah memilih jalan yang sesat, dan telah melupakan TUHAN, Allah mereka.

 

Melalui Firman Tuhan ini, Tuhan sedang MENGINGATKAN kepada kita, supaya kita jangan berlaku tidak setia kepada Tuhan, jangan kita memilih jalan yang sesat dan janganlah kita melupakan Tuhan, oleh karena itu melalui perenungan Firman Tuhan hari ini, kita diingatkan kembali untuk BERTOBAT dan KEMBALI kepada Tuhan, sebab :

 

•  TUHAN AKAN MENYEMBUHKAN KITA !

 

Yeremia 3:22 (22) Kembalilah, hai anak-anak yang murtad! Aku akan menyembuhkan engkau dari murtadmu.” “Inilah kami, kami datang kepada-Mu, sebab Engkaulah TUHAN, Allah kami.

 

Arti kata MENYEMBUHKAN = RAPHA (ibrani) adalah hanya Tuhan yang dapat menyembuhkan kita secara total, baik jiwa kita maupun tubuh kita, sehingga kita benar benar dapat menerima dan mengalami mukjizat kesembuhan yang sempurna !

 

• TUHAN AKAN MENYELAMATKAN KITA !

 

Yeremia 3:23 (23) Sesungguhnya, bukit-bukit pengorbanan adalah tipu daya, yakni keramaian di atas bukit-bukit itu! Sesungguhnya, hanya pada TUHAN, Allah kita, ada keselamatan Israel !

Baca juga  CARILAH TUHAN MAKA KAMU AKAN HIDUP

 

Arti kata KESELAMATAN = TESHUAH (ibrani) adalah hanya Tuhan yang dapat menolong, membebaskan, melepaskan dan menyelamatkan kita dari segala ikatan dosa, berhala, kutuk, kemiskinan dan segala masalah masalah kita, dan Tuhan yang akan membawa kita, menempatkan kita dan yang memberikan kepada kita kemenangan !

 

• TUHAN AKAN MEMBUAT KEHIDUPAN KITA MENJADI BERKAT BAGI BANGSA BANGSA !

 

Yeremia 4:2 (2) Dan jika engkau bersumpah dalam kesetiaan, dalam keadilan dan dalam kebenaran: Demi TUHAN yang hidup!, maka bangsa-bangsa akan saling memberkati di dalam Dia dan akan bermegah di dalam Dia.”

 

Artinya seperti bangsa Israel ketika mereka bersumpah dan berkomitmen kepada Tuhan, untuk hidup dalam kesetiaan, dalam keadilan dan dalam kebenaran, maka bangsa-bangsa akan saling memberkati di dalam Tuhan dan akan bermegah di dalam Tuhan.

 

Demikian juga dengan kita sebagai Israel Rohani yang adalah umat Tuhan, jika kita sebagai umat Tuhan bersumpah dan berkomitmen kepada Tuhan, untuk hidup dalam kesetiaan, dalam keadilan dan dalam kebenaran, maka bangsa-bangsa akan saling memberkati di dalam Tuhan dan akan bermegah di dalam Tuhan.

 

Deklarasi Firman Tuhan :

Puji Tuhan ! Kami bersyukur bahwa didalam Kristus Identitas, Status dan Posisi kami adalah Son (anak Allah) ! Kami bersyukur memiliki Bapa yang baik, yang peduli, yang mengasihi dan yang memberikan kepada kami kehidupan yang terbaik dan yang indah ! Oleh anugerah Tuhan Roh Kudus menolong, mengingatkan, membawa dan menuntun kami untuk selalu bertobat, berubah dan kembali kepada Tuhan ! Kami bersyukur didalam Kristus kami sudah DISELAMATKAN, kami sudah DISEMBUHKAN dan kehidupan kami MENJADI BERKAT BAGI BANGSA BANGSA ! Grace 3x !

 

Bertobat dan kembali kepada Tuhan adalah jalan untuk kita dapat menerima KESEMBUHAN dan KESELAMATAN yang dari pada Tuhan dan membuat kita menjadi berkat bagi bangsa bangsa ! Have a blessed day ! Gbu all. AM

Baca juga  FIRMAN YANG MENJADI MANUSIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here