Kuasa dalam Perkataan

0
1559

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Amsal 18:1-24

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

1 Korintus 15

 

*AYAT HAFALAN*

Amsal 18:21, Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Dr. Masaru Emoto, seorang ilmuwan Jepang, selama bertahun-tahun melakukan eksperimen terhadap air. Penelitian ini kemudian ia publikasikan dalam bentuk buku yang berjudul “The Hidden Messages ini Water”. Dalam bukunya ini, ia menjelaskan bahwa air dapat menyerap, menyimpan, dan mengubah emosi yang diterima dari manusia. Sebelum dibekukan menjadi kristal es, air yang ia ambil dari berbagai sumber ini terlebih dahulu dibagi menjadi beberapa bagian sebelum didoakan, dihujani dengan kata-kata, dan diekspos terhadap berbagai jenis musik. Setelah dibekukan, kristal es yang terbentuk diamati menggunakan mikroskop untuk mengetahui bentuk struktur molekulbya. Hasilnya: air yang menerima perkataan positif, didoakan dengan tulus, dan diperdengarkan musik yang indah memiliki struktur kristal yang indah dan beraturan. Sebaliknya, air yang terus menerus menerima perkataan negatif, hal-hal yang membawa kebencian, serta diperdengarkan musik-musik yang keras, memproduksi kristal dengan bentuk jelek dan tidak beraturan.

 

Prinsip yang sama juga berlaku pada manusia, karena 60% tubuh manusia didominasi oleh air. Perkataan yang kita ucapkan kepada orang lain tanpa sadar akan diserap, tersimpan dan dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang.

 

Tidaklah mengherankan jika saat ini, ada banyak orang yang menyimpan sakit hati, kepahitan, bahkan kebencian, karena perkataan kasar yang pernah mereka terima. Banyak hubungan pertemanan akhirnya hancur karena salah satu pihak merasa sakit hati dengan ucapan yang lainnya. Benarlah apa yang dikatakan Firman Tuhan: “Lidah mempunyai kuasa untuk menyelamatkan hidup atau merusaknya; orang harus menanggung akibat ucapannya” (Amsal 18:21 BIS).

Baca juga  TIDAK ADA JANJI YANG TIDAK TUHAN TEPATI

 

Mulai hari ini, *perhatikanlah setiap perkataan yang keluar dari mulut kita. Perkatakanlah perkataan yang positif dan membangun orang lain. Berpikirlah sebelum Anda berkata-kata kepada orang lain, dan berkata-katalah dengan bijak dan gunakanlah cara penyampaian yang baik. Berdoalah agar Roh Kudus mengurapi lidah Anda agar perkataan yang keluar dari mulut Anda dapat menjadi berkat bagi banyak orang.* (EV)

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Bagaimanakah perkataan yang selama ini keluar dari mulut Anda? Apakah Anda lebih banyak mengucapkan hal-hal yang positif atau malah negatif?

2. Bagaimana cara Anda membangun kebiasaan untuk mengucapkan kata-kata yang positif kepada orang lain?

 

*POKOK DOA*

Bapa yang baik, biarlah apa yang keluar dari mulutku dapat menguatkan, menghibur dan memotivasi orang lain. Roh Kudus, urapilah tiap perkataanku. Dalam nama Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Kendalikanlah perkataan Anda. Berpikirlah sebelum Anda berkata-kata. Mulailah membangun kebiasaan untuk memperkatakan hal-hal yang positif, kritik yang membangun, dan menyampaikan teguran dengan kasih.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Perkataan bisa menginspirasi, namun perkataan juga bisa menghancurkan. Pilihlah perkataanmu dengan bijak. — Robin Sharma*

 

 

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here