Sepakat dengan Kehendak Tuhan

0
1848

 

Yesaya 55-56

 

 

Yesaya 55:8-9 (8) Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. (9) Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

 

Sejak manusia jatuh dalam dosa, manusia selalu bertentangan dengan kehendak Tuhan, sehingga manusia tidak lagi sejalan, selaras dan sepakat dengan kehendak Tuhan, sebagai akibatnya mereka tidak dapat menggenapi rencana Tuhan, mereka tidak sampai kepada destiny mereka, mereka tidak bahagia, mereka bersusah payah menjalani kehidupan dan pada akhirnya hidup mereka menjadi sia sia.

 

Yesaya 55:1-2 (1) Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran! (2) Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.

 

Semua ini terjadi karena RANCANGAN dan JALAN Tuhan dengan Manusia berbeda, oleh karena itu Firman Tuhan mengatakan bahwa “seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu”

 

Ternyata rancangan dan jalan jalan Tuhan dengan rancangan dan jalan jalan Manusia digambarkan oleh Firman Tuhan sangat berbeda jauh seperti langit dan bumi, bayangkan langit diatas dan bumi dibawah, jadi memang benar benar sangat berbeda dan tidak bisa bertemu, sebab :

 

• PIKIRAN TUHAN DENGAN PIKIRAN MANUSIA BERBEDA !

 

Jadi arti kata Rancangan = Machashabah (ibrani) adalah pikiran, imajinasi, maksud, tujuan dan rencana Tuhan sangat berbeda dengan pikiran, imajinasi, maksud, tujuan dan rencana kita.

 

• CARA TUHAN DENGAN CARA MANUSIA BERBEDA !

 

Jadi arti kata Jalan = Derek (ibrani) adalah cara kita menjalani kehidupan, cara kita berpikir, cara kita bertindak, cara kita menyelesaikan masalah dan cara kita mengambil keputusan berbeda dengan Tuhan.

 

Oleh karena itu supaya kita dapat SEPAKAT, SEJALAN, SELARAS dan SESUAI dengan KEHENDAK Tuhan, maka PIKIRAN kita dan CARA kita menjalani kehidupan harus SEPAKAT DENGAN KEHENDAK Tuhan, yaitu :

 

• KITA HARUS MENDENGARKAN DAN BERPEGANG KEPADA APA KATA TUHAN YAITU FIRMAN TUHAN DAN JANJI TUHAN !

 

Yesaya 55:3 (3) Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud

 

• KITA HARUS MENCARI TUHAN DAN BERSERU KEPADA TUHAN, YAITU DENGAN KITA HAUS AKAN FIRMAN TUHAN DAN BERDOA SESUAI DENGAN FIRMAN TUHAN !

 

Yesaya 55:6 (6) Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

 

• KITA HARUS MENINGGALKAN KEHIDUPAN KITA YANG TIDAK SESUAI DENGAN KEHENDAK TUHAN DAN KEMBALI KEPADA TUHAN, YAITU DENGAN KITA KEMBALI HIDUP BENAR DAN SESUAI DENGAN FIRMAN TUHAN !

 

Yesaya 55:7 (7) Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

 

• KITA HARUS PERCAYA DAN SEPAKAT DENGAN KEHENDAK TUHAN BAHWA SETIAP FIRMAN TUHAN YANG KITA PERKATAKAN DAN DEKLARASIKAN DARI MULUT KITA TIDAK AKAN KEMBALI DENGAN SIA SIA, PASTI TERJADI DAN BERHASIL !

 

Yesaya 55:10-11 (10) Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, (11) demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

 

• KITA HARUS PERCAYA BAHWA SETIAP FIRMAN TUHAN ADALAH KEHENDAK TUHAN DAN ITU PASTI TERJADI SEBAGAI KEMASYHURAN BAGI TUHAN DAN SEBAGAI TANDA ABADI YANG TIDAK AKAN LENYAP !

 

Yesaya 55:12-13 (12) Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan. (13) Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sebagai kemasyhuran bagi TUHAN, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap.

 

Deklarasi Firman Tuhan :

Puji Tuhan ! Oleh anugerah Tuhan, Roh Kudus menolong dan memimpin kami supaya pikiran, hati, perasaan dan keinginan kami selaras, sesuai, sejalan dan sepakat dengan kehendak Tuhan yaitu dengan Firman Tuhan dan Janji Tuhan ! Kami percaya bahwa Pikiran, Perasaan dan Keinginan Kristus sudah ada pada kami dan kami menolak semua pikiran, sikap hati, persaan dan keinginan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan ! Kami percaya dan sepakat dengan kehendak Tuhan, bahwa setiap Firman Tuhan dan Janji Tuhan yang kami Perkatakan dan Deklarasikan tidak akan kembali kepada Tuhan dengan sia-sia, tetapi setiap Firman Tuhan yang sudah diperkatakan dan dideklarasikan akan melaksanakan tepat seperti apa yang Tuhan kehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Tuhan sudah suruhkan kepadanya ! Grace 3x !

 

Ketika kita PERCAYA kepada Firman Tuhan dan Janji Tuhan, yaitu dengan kita MEMPERKATAKAN dan MENDEKLARASIKAN Firman Tuhan, maka kita sedang SEPAKAT dengan kehendak Tuhan dan kita sedang MEMINDAHKAN semua kehendak Tuhan yang di Sorga terjadi di Bumi ! Have a blessed day ! Gbu all. AM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here