Mengenal Roh Allah

0
799

 

 

Oleh: Pdt. Dr.Anna Vera Pangaribuan

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

 

1 Yohanes 4:2, Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah.

 

MENGENAL ROH ALLAH

 

Saat ini pengajar kepada anak-anak tidaklah lagi menggunakan kekerasan seperti dulu kala. Sebab kekerasan akan membawa anak-anak kepada pemberontakan kepada orang tua dan orang yang lebih dewasa darinya. Apalagi maraknya saat ini pengajar sesat yang cukup tinggi mempengaruhi perkembangan anak-anak untuk tumbuh dewasa. Bahkan melalui cerita rakyat dan  kisah nasehat orang tua dulu yang menjadi modal moral orang tua saat ini tidak lagi menjadi hal yang ingin didengar dan diketahui anak-anak. Sistem komunikasi juga saat ini yang serba cepat mempengaruhi tumbuh kembangnya anak-anak. Jika demikian apakah yang akan kita lakukan untuk mendidik anak-anak kita agar tumbuh kembang dengan baik? Belum lagi mengenai iman, bagaiamana spritualitasnya setiap hari? Apakah pelajaran di sekolah Minggu cukup untuk membina iman anak-anak kita saat ini? Menurut kita iya, namun melalui nats hari ini kita dibantu untuk memahami ajaran tentang kuasa Roh Allah.

 

Salah satu pemahaman yang berkembang pada saat Injil mulai menyebar dimana-mana, ada banyak ajaran palsu yang muncul. Ajaran palsu ini mempengaruhi iman pengikut Kristus. Dimana mereka yang duduk sebagai antikristus terus mempengaruhi kelompok pengikut Kristus agar meninggalkan Yesus Kristus. Mereka mempertanyakan kepada pengikut Yesus Kristus, mengapa Yesus yang menjadi manusia mati dikayu salib? Tetapi hal ini dipertegas oleh Yohannes dalam teks hari ini: Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah. Secara jelas bahwa Yesus adalah manusia yang berasal dari Allah, untuk memahami ini memang hanya karunia Allah melalui RohNya yang diberikan kepada pengikutNya. Roh Allah memberikan kebijaksanaan dan kearifan untuk menguji setiap pengajaran yang datang kepada mereka. Hanya dengan Roh Allah juga manusia dapat memahami ajarab Allah dan ajaran paslu di sekitar lingkungan hidupnya.

Baca juga  TINGGAL DALAM KRISTUS

 

Saudaraku kekasih, jika kita ingin mengetahui spritualitas anak-anak kita maka mintalah anugerah Allah di dalam RohNya untuk melihat bagaimana pertumbuhan iman anak-anak saat ini? Kemudian Roh Allah akan mengajarkan kita untuk mendidik anak-anak mengenal ajaran dari Allah. Sekolah Minggu sudah baik, dan lebih baik lagi jika dirumah juga ada pelajaran yang rutin tentang iman melalui para orang tua. Agar keluarga mengalami tuntunan Roh Allah dalam menjalani setiap liku-liku kehidupan ini. Tanpa pemahaman dari Roh Allah kita akan disesatkan oleh Dunia ini termasuk anak-anak kita kelak. Oleh karena itu, mari kita bangun dasar iman kita mulai dari persekutuan keluarga, gereja dan masyarakat untuk menguji setiap ajaran yang ada melalui tuntunan Roh Allah yang memberi kita pengertian bahwa Yesus adalah manusia yang berasal dari Allah. Amin.

 

HAPPY DAY

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Dr.Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here