Alllah adalah Sumber Segala Penghiburan

0
1370

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

 

“Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh kemurahan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami sehingga kami sanggup menghibur mereka yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.”

*2 Korintus 1:3~4*

 

Setiap manusia pasti ingin hidup bahagia walaupun ukuran kebahagiaan itu sangat relatif. Namun, orang harus menyadari bahwa dinamika kehidupan manusia adalah seperti roda yang selalu berputar. Ada kalanya orang sangat bahagia seperti pangeran Harry dan Meghan Markle yang baru saja dikukuhkan sebagai suami istri dalam royal wedding yang disaksikan oleh seluruh dunia.

Kita juga tidak tahu apakah kebahagiaan akan diikuti oleh masalah- masalah hidup yang menyebabkan kebahagiaan sirna dan diganti dengan berbagai masalah yang menyebabkan orang menderita dan butuh penghiburan.

 

Di dunia ini kebahagiaan dan penghiburan tidak ada yang abadi termasuk di kalangan orang-sukses. Sebagai contoh, di bawah kepemimpinan *Jack Welch, ex  CEO General Electric yang sangat terkenal,* para executives/managers selalu dibuat bangga dan bahagia ketika mereka dinilai sebagai *high performers/high avhievers,* namun menjelang penilaian kinerja berikutnya, mereka semua menjadi resah karena walaupun nilai kinerja mereka adalah *extraordinary/istimewa*, tapi Jack Welch setiap tahun selalu memangkas 10 persen dari para executives/managers yang menduduki ranking bawah walau kinerja mereka semua istimewa/extraordinary.

Bagi yang terkena PHK, terbayang kesusahan  bersama keluarga mereka.

 

Banyak orang yang mencari penghiburan duniawi dengan berbagai cara, dan lupa bahwa sumber penghiburan yang abadi hanyalah Tuhan, Allah Bapa kita.

Dalam suka ataupun duka, kita harus selalu mencari Tuhan, karena Ia itu baik.

*”Tuhan itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya.”*

*Namun 1:7*

 

Pada saat kita membutuhkan penghiburan, Tuhan mengundang kita untuk datang kepada-Nya dan Ia menjamin untuk memberi sukacita, penghiburan dan kelegaan kepada kita.

*”Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”*

*Matius 11:28*

 

Penghiburan dari Tuhan akan menyebabkan kita setiap saat dapat merasakan ketenangan, ketenteraman dan sukacita. Bukan mustahil kita pun pada suatu saat akan mengalami kesusahan, namun itu hanya sementara. Kita percaya bahwa:

*”Tuhan adalah tempat perlundungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan.”*

*Mazmur 9:9*

 

Berikut ini beberapa Firman yang akan meneguhkan iman kita sehingga kita tetap berharap akan penghiburan dari Tuhan.

 

# *”Tetapi Roh Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa atas nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Ku-katakan kepadaku.”*

*Yohanes 14:26*

 

# *”Walaupun aku dikelilingi oleh kesusahan, Engkau akan menyelamatkan aku dari segala kesusahan.”*

*Mazmur 138:7, FAYH*

 

# *”Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kamu menerima penghiburan berlimpah-limpah.”*

*2 Korintus1:5*

 

# *”Bersabarlah! Nantikan lah Tuhan dan Ia akan datang menyelamatkan engkau. Tabahlah dan besarkanlah hatimu! Ya, nantikanlah Tuhan dan Ia akan menolong engkau.”*

*Mazmur 27:14, FAYH*

 

Agar kita selalu hidup dengan tenang, maka kita harus menyerahkan segala kekhawatiran kita kepada Tuhan. Kita juga harus bersyukur kepada Tuhan karena rahmat-Nya tidak pernah habis, selalu baru setiap pagi untuk memelihara dan memberi penghiburan kepada kita.

Amin.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here