Pencurahan dan Karya Roh Kudus

0
465

 

 

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

 

*Bacaan Alkitab :Kis 2:1-40*

 

 

*Syallom, sahabat-sahabat pembaca setia BGA  di dalam Kristus Yesus*

 

Peringatan Pentakosta dalam Perjanjian Lama adalah ada 2 hal :

1. Hari Raya Panen Gandum orang Yahudi, yang jatuh pada hari kelima puluh setelah Paskah (Im 23:15-21; Ul 16:9-11).

2. Turunnya Taurat kepada Musa di Gunung Sinai

 

Dalm pembacaan perenungan BGA kali ini yakni bertepatan dengan peringatan Hari Pentakosta atau Pencurahan Roh Kudus, kita akan merenungkan makna Pentakosta dan karya Roh Kudus bagi orang percaya.

 

Pada saat itu, di Yerusalem, berdiam banyak orang Yahudi yang saleh (5) dan banyak orang Yahudi yang berdatangan dari berbagai tempat (1, 5). Menariknya, momen itu juga bertepatan dengan hari kelima puluh sesudah kebangkitan Yesus dari antara orang mati.

 

Pada satu sisi, para murid menjadi bagian dari kumpulan orang banyak untuk ikut merayakannya. Di sisi lain, mereka sedang menanti penggenapan janji turunnya Roh Kudus (8). Tiba-tiba turunlah bunyi berupa angin keras dari langit memenuhi seluruh rumah di mana mereka duduk (2). Roh Allah tampak seperti lidah api yang bertebaran dan hinggap di atas kepala mereka (3). Seketika itu juga penuhlah mereka dengan Roh Kudus dan mulai berkata-kata dalam bahasa lain, seperti yang diberikan Roh kepada mereka (4). Jadi ada tiga objek dalam peristiwa turunnya Roh Kudus : angin keras, lidah api, mulut ( bahasa )

 

Apa yang dialami para murid menarik perhatian semua orang yang berkumpul saat itu. Mereka, orang Yahudi yang tumbuh besar di Palestina, berbicara dalam berbagai bahasa. Banyak orang tercengang dan berkata, “Bukankah mereka yang berkata-kata itu orang Galilea? Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berbicara dalam bahasa kita sendiri (7-8)?”

Baca juga  MEWUJUDKAN HIDUP BERHIKMAT

 

Sebelum merenungkan lebih lanjut, marilah  kita melihat lebih dahulu siapakah pribadi Roh Kudus itu ?

 

Roh Kudus adalah Roh Allah , pribadi Allah yang ketiga dari Allah Tritunggal ( baca Kej 1:1-2, Mat 1:18,, 3:16-17, 1 Yoh 5:6-7, 1 Yoh 4:2 )

 

*Sahabat-sahabat yang terkasih dalam Yesus,*

 

Ada empat hal memaknai Hari Pentakosta dan Karya Roh Kudus :

 

*I. Penggenapan janji Yesus untuk meminta kepada Bapa agar mengutus Roh Kudus (1-5, Yoh 14:15-17, 25-26, 16:7-15 )*

 

Karya Roh Kudus dalam diri orang percaya :

 

1. Menyertai dan diam di dalam kita untuk selama-lamanya ( 14:16-17 )

2.Mengajarkan segala sesuatu dan mengingat  perkataan Yesus ( 14:26 )

3. Mempertobatkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman (16:8-11 )

4. Memimpin kepada seluruh kebenaran ( 16:13)

5. Memberitakan hal-hal yang akan datang ( 16:3)

6. Memuliakan Yesus ( 16:14 )

7. Menghibur ( 14:26,16:7, Rom 8:26-27 ) )

 

*II. Berdirinya Gereja / Tubuh Kristus (6-12 )*

 

Bersatu dalam perbedaan tidak meniadakan perbedaan. Bdgkn Kej 11:1-26 peristiwa Menara Babel > TUHAN menyerakkan manusia ke seluruh dunia dan mengacaukan bahasa mereka.

 

Kesatuan Tubuh Kristus ( baca Ef 4:3-16 )

 

*III. Perubahan hidup / transformasi*

 

Petrus yang pernah menyangkal Yesus tiga kali mengalami perubahan yang drastis ( 2:14-41 )

 

2 Korintus 5:17 (TB)  Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

 

Mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbaharui dalam roh dan pikiranmu, yang telah diciptakan menerus kehendak Allah dalam kekurusan dan kebenaran yang sesungguhnya dan dikerjakan oleh Roh Kudus ( Ef 4:17-32, Dil 2:12-13 ).

 

Mengeluarkan buah-buah roh, yakni : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

Baca juga  PERTUMBUHAN ROHANI

Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, ( Gal 5:22-25 )

 

Muliakanlah Allah dengan tubuh kita yang adalah bait Roh Kudus dimana Roh Kudus tinggal dan kita telah dibeli dan telah dibayar ( 1 Kor 6:19-20 )

 

*IV. Menjadi Saksi Kristus*

 

Peristiwa spektakuler itu hendak menegaskan karya keselamatan Allah dalam Yesus. Perbuatan-Nya sulit dicerna oleh pikiran manusia. Kedaulatan dan kemahakuasaan-Nya itulah yang telah menebus dan menyelamatkan manusia berdosa. Inilah berita yang harus dikumandangkan ke seluruh dunia (Mrk 16:15; Kis.1:8).

 

Kuasa Allah dicurahkan kepada orang percaya di Hari Pentakosta agar berita keselamatan Allah dapat menjangkau setiap suku, bangsa, bahasa, budaya, dan ras. Sehingga tidak ada lagi ruang kehidupan manusia yang tidak tersentuh oleh kasih Allah yang menyelamatkan. Kita pun tidak dikecualikan dari tanggung jawab pemberitaan Injil itu.

 

Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus ( Kis 9:31 )

 

Selamat pagi dan selamat menjadi saksi Kristus baik dalam perkataan maupun dalam perbuatan.

 

Salam Pentakosta

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here