Kasih Anugerah Tuhan yang Luar Biasa

0
1765

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

 

 

“Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman.”_*

*2 Timotius 2:11~12*

 

Anda pasti kenal paling tidak pernah mendengar pujian

*_”AMAZING GRACE”_* yang diciptakan oleh John Newton pada tahun 1779 (video pujian terlampir).

Pada saat ia berusia 17 tahun, ia menjadi pengikut iblis dengan berjudi, menjadi pemabuk, memperdagangkan budak kulit hitam, dan perbuatan-perbuatan dosa lainnya. Ia dikucilkan oleh teman-temannya dan bekerja/hidup bersama majikannya, seorang Portugis kulit hitam yang memperdagangkan budak.

 

Ia bangkit kembali dan memiliki sebuah kapal pengangkut budak yang akan dijualnya.

Pada suatu hari kapalnya diterjang oleh badai yang hebat dan Newton berdoa minta pertolongan Tuhan. Tuhan menjawab doanya, badai mereda dan dia selamat. Namun ia belum juga mau bertobat.  Beberapa tahun kemudian dia bertobat dan akhirnya menjadi pendeta.

Salah seorang anak rohaninya yakni William Wilberforce, anggota parlemen Inggris, berjuang untuk menghapus perbudakan di Inggris dan berhasil.

 

Newton yang menganggap dirinya sebagai orang yang malang/ pendosa dan tersesat, tetapi karena kasih karunia ia telah diselamatkan dan ditemukan oleh Tuhan. Newton mengakui bahwa kasih karunia Tuhan memang luar biasa.

 

Berikut ini saya kutipkan bagian/version pertama dari lirik lagu Amazing Grace tersebut.

*_Amazing Grace! How sweet the sound_*

*_That saved a wretch like me!_*

*_I once was lost, but now am found_*

*_Was blind, but now I see.”_*

 

*_”Kasih setia yang luar biasa! Betapa indah suaranya_*

Baca juga  Yang Diperkenan Allah

*_yang telah menyelamatkan aku yang malang!_*

*_Aku pernah tersesat, tapi sekarang dapat ditemukan_*

*_Aku pernah dibutakan, tetapi sekarang aku dapat melihat._*

 

Demikian juga, kita yang berdosa ini akan tetap diselamatkan oleh Tuhan karena kasih karunia-Nya yang begitu besar kepada kita. Kasih karunia tersebut diberikan secara cuma-cuma kepada kita yang harusnya tidak layak kita terima. Kita tidak perlu melakukan usaha-usaha khusus untuk mencari keselamatan tersebut.

*”Karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu.’*

*Efesus 2:8*

 

Tuhanlah yang menyelamatkan kita, bukan atas perbuatan kita sendiri, tapi karena kasih karunia-Nya.

Nyata bahwa kasih karunia yang menyelamatkan kita sungguh luar biasa.

Oleh sebab itu, kita harus percaya kepada Yesus agar kita tidak binasa dan memperoleh hidup yang kekal.

 

Kita tidak perlu mengutuk para napi teroris yang telah membunuh para anggota Brimob. Kita perlu berdoa agar para keluarga korban mendapat penghiburan dari Tuhan. Hanya Tuhanlah yang berhak menghakimi para teroris ini. Bila mereka mau datang kepada Yesus dan bertobat, pasti Tuhan akan mengampuni dan menyelamatkan mereka karena kasih karunia-Nya yang luar biasa.

Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here