Menjadi Saksi Kristus

0
447

 

Ayat Alkitab: Kisah Para Rasul 1:4-11

 

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Kisah Para Rasul 1:8

Perasaan sedih, takut, dan gelisah dirasakan murid-murid ketika tahu bahwa Tuhan Yesus akan meninggalkan mereka. “Gimana nih? Kok baru bangkit sekarang mau pergi? Kami harus ngapain?” Itulah sebab jangan terlalu menyalahkan Petrus yang kembali menangkap ikan. Ia merasa sudah selesai. Cukup sudah tiga tahun ikut Rabbi karena sekarang Dia akan pergi. Biarlah itu tinggal kenangan. Sekarang kembali hidup normal.

 

Tuhan Yesus memang tidak bisa selamanya bersama murid-murid-Nya.

Dia menegaskan bahwa mereka harus hidup dalam keadaan mereka tetapi bukan menurut cara mereka. Roh Kudus akan datang untuk menolong mereka menjadi saksi Injil (ay. 8). Salah sekali kalau orang Kristen punya persepsi Roh Kudus hadir untuk memberikan hidup berkelimpahan materi.

Roh Kudus diberikan untuk menolong kita menjadi saksi. Menjadi berkat, bukan meraup berkat. Sayangnya murid-murid tidak memahami hal ini.

Maka setelah Tuhan Yesus naik ke sorga, mereka menatap ke langit. Mereka bengong, bingung. Malaikat datang menegur mereka, “Yesus memang akan datang lagi tetapi jangan menatap seperti itu. Ingat pesan Tuhan tentang tugasmu. Jangan menatap tetapi bersaksi. Jangan menunggu Tuhan turun dari sorga di atas bukit ini tetapi kamu harus turun ke dunia.”

 

Tuhan Yesus sudah naik ke sorga. Tugasnya di dunia ini telah selesai. Namun, tugas murid-murid (termasuk Anda dan saya) baru mulai. Setelah Dia naik ke sorga, kitalah yang turun ke dunia. Yesus tidak mengizinkan murid-murid terus ada di atas bukit menengadah ke langit, mengharapkan Dia segera turun kembali. Yesus tidak ingin kita berdiam diri di dalam dunia ini. Dia memberikan misi kepada kita agar kita menjadi saksi-Nya. Agar kita memberitakan Injil dan pengharapan bahwa Dia akan datang kembali, memberikan keselamatan bagi setiap yang percaya kepada-Nya. Mari turun bukit, tugas panggilan kita harus segera ditunaikan. Jangan berpangku tangan saja, jadilah saksi yang memuliakan nama Yesus Kristus.

Baca juga  PDT. WEINATA SAIRIN: *JANGAN ADA LUKA MENGANGA DI DADA*

 

ROH KUDUS HADIR MEMPERLENGKAPI SETIAP ORANG PERCAYA SUPAYA KITA SEMUA DIBERI KEBERANIAN DAN KEMAMPUAN MENJADI SAKSI YESUS.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here