Doa, Permohonan dan Ucapan Syukur

0
5248

 

 

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang

 

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua.

 

DOA, PERMOHONAN DAN UCAPAN SYUKUR.

 

Inilah pesan utama dari ayat renungan hari ini.

 

Selengkapnya berbunyi sbb: “Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang.” (1Timotius 2:1).

 

Timotius, seorang pemuda yang dikader Paulus menjadi seorang pemimpin (gembala jemaat).

 

Kepadanya diajarkan oleh Paulus bagaimana kehidupan bersama dalam masyarakat, selaku lingkungan umum dan dalam jemaat, sebagai lingkungan khusus.

 

Dan pada 1 Timotius pasal 2 ini, Paulus mengajarkan bagaimana seorang pemimpin dalam kehidupan doanya.

 

Mengapa? Karena menurut Paulus, ada satu hal baru tetapi sangat dibutuhkan dan menentukan dalam pelayanan di jemaat. Itulah “doa” atau “berdoa.”

 

Dalam 1 Timotius 2:1-7, kita dapat menemukan betapa “pentingnya untuk mendoakan semua orang.”

 

Mengapa hal ini sangat penting?

 

Iman Kristiani mengajarkan, “Allah adalah Tuhan bagi semua orang”. “Allah yang mengasihi seluruh suku bangsa”. “Yesus Kristus adalah Juruselamat bagi seluruh umat manusia, seluruh bangsa.”

 

Menyampaikan atau menaikkan doa, permohonan dan ucapan syukur, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan seorang pemimpin (gembala) jemaat.

 

Inilah salah satu hal yang mau diajarkan Paulus kepada Timotius, pemuda, pemimpin masa depan bagi jemaat-jemaat yang sudah mulai tumbuh dan berkembang pada waktu itu. “Keyakinan tentang Allah yang baik bagi semua orang, mestinya menyadarkan setiap orang Kristen (terutama pimipinan jemaat) untuk menjadi seorang pendoa.”

 

Kita mengetahui bahwa dengan doa:

a. Seseorang menyampaikan permohonannya tentang apa yang dibutuhkan;

 

b. Doa dan permohonan ini dialamatkan/ ditujukan kepada Allah yang menciptakan kita;

Baca juga  Senantiasa Tuhan Berkati

 

c. Dalam keyakinan, kepercayaan dan pengharapan, seseorang (kita) tanpa ragu datang ke hadapan Allah untuk menyampaikan permintaan dan memberitahukan apa yang kita butuhkan;

 

d. Disertai rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Tuhan, atas segala sesuatu yang telah kita terima dari kemurahan-Nya.

 

Jadi, berdoa untuk keselamatan, kesejahteraan dan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang disertai pengucapan syukur atas berkat-berkat Allah dalam kehidupan ini, menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari kehidupan keseharian orang percaya.

 

Dan dalam ruang lingkup pemberitaan Injil, pelayanan terhadap orang yang belum mengenal Tuhan, maka berdoa bagi para pemimpin khususnya yang ada di pemerintahan sangat perlu, agar pintu pelayanan bagi semua orang di wilayah itu tetap terbuka, sehingga akan selalu ada jiwa-jiwa yang dimenangkan bagi Kristus.

 

Menaikkan doa dan oermohonan bagi para pembesar, agar pemerintahan mereka membawa kedamaian dan ketenteraman bagi semua masyarakatnya.

 

Karena itu, kita pun, umat percaya pada masa kini, biarlah tetap semakin giat dan tak henti-hentinya menyampaikan doa, permohonan dan ucapan syukur kita.

 

Dalam doa itu kita boleh memohon agar Tuhan menyelamatkan kita dan bangsa kita, dan memberikan hikmat bagi para pemimpin kita untuk menjalankan permerintahan semakin baik, agar  masyarakat dan bangsa kita semakin sejahtera.

 

Naikkanlah permohonan, doa dan ucapan syukur, setiap hari, setiap saat.

 

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

 

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here