Jangan Lupakan Persekutuan dengan Tuhan

0
929

 

 

*RECHARGE*

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Yosua 8:30-35

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Roma 11

 

*AYAT HAFALAN*

Mazmur 19:8, Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Dalam sebuah seminar dengan tema “TIME”, seorang pembicara mengajak semua peserta untuk mencatat semua kegiatan mereka selama 24 jam. Hasilnya sungguh mengagetkan! Dari catatan mereka, didapati bahwa kebanyakan waktu mereka hanya dipergunakan untuk kesibukan di kantor, jalan-jalan, nonton TV, melihat ponsel dan mengantar anak ke sekolah. Lalu, bagaimana dengan kehidupan rohani? Membaca Alkitab, berdoa dan melakukan pelayanan? Hanya sebagian yang mencatat hal itu. Itu pun kebanyakan hanya dilakukan pada hari Minggu.

 

Dalam bagian Firman Tuhan yang kita baca hari ini, kita dapat melihat bagaimana Yosua yang begitu sibuk menghadapi peperangan, namun tetap tidak membuatnya mengabaikan kehidupan kerohanian orang Israel. Firman Tuhan yang kita baca ini, menceritakan kepada kita bagaimana Yosua me-recharge kembali kerohanian orang Israel di gunung Ebal dengan cara mendirikan mezbah bagi TUHAN, mempersembahkan korban bagi TUHAN, menyalin kembali semua hukum-hukum Musa, dan membacakan hukum Taurat. Semua itu dilakukan Yosua sesuai yang dikatakan oleh Musa (lihat Ulangan 27:1-10).

 

Ini menandakan bahwa Yosua menyadari pentingnya kehidupan rohani bangsa Israel setelah mereka berada di tanah perjanjian. Yosua ingin agar kerohanian bangsa Israel tetap segar dan kuat. Yosua membacakan semua perkataan hukum Taurat dengan tujuan agar kerohanian bangsa Israel tetap terpelihara, dan juga mengingatkan mereka kembali akan semua karya Tuhan yang selama ini menyertai mereka. Kesibukan seringkali menjadi alasan kebanyakan orang percaya untuk mengabaikan kehidupan rohani mereka.

 

*Apapun kesibukan Anda, jangan pernah lalai untuk membangun rohani Anda dengan bersaat teduh, berdoa dan merenungkan firman Tuhan. Percayalah, Anda akan menerima kekuatan dan hikmat dari Tuhan bila Anda melakukannya dengan rutin.* Bila *Yesus saja tidak pernah mengabaikan hubungan pribadi-Nya dengan Bapa,* _bukankah kita pun seharusnya mengutamakan hal ini?_

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah selama ini Anda rutin me-recharge kerohanian Anda? Kapan terakhir melakukannya?

2. Keuntungan apa saja yang didapatkan jika Anda rajin me-recharge kerohanian Anda?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, segarkanlah kembali kehidupan kerohanian kami melalui Firman-Mu, sehingga kami selalu bersemangat untuk berkarya demi kemuliaan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Miliki disiplin untuk melakukan saat teduh dan membaca Firman Tuhan.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Take time to recharge. You did it to your phone, why don’t you do it to yourself.

 

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here