Maukah Anda Melayani Tuhan?

0
665

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

 

“Layanilah seorang akan yang lain sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengelola yang baik dari anugerah Allah.”

*1 Petrus 4:10″

 

Sebelumnya saya ragu, apakah benar kita harus melayani Tuhan?

Ada dua hal yang mendasari keraguan di atas:

¹ Bukankah Yesus datang untuk melayani dan bukan untuk dilayani? Jadi mengapa kita harus melayani Tuhan?

*”sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”*

*Matius 20:28*

 

² Apa manfaat/upah kita bila kita melayani Tuhan?

Walau kita sepanjang hidup melayani Tuhan, kita sebagai manusia berdosa, tidak akan memperoleh keselamatan. Tuhan menganugerahkan keselamatan bagi kita hanya karena kasih karunia-Nya, bukan karena usaha kita sendiri. Jadi Tuhan menganugerahkan keselamatan kepada kita secara gratis.

*”Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil pekerjaanmu, jangan ada orang yang memegahkan diri.”*

*Efesus 2:8~9*

 

Namun, bukankah kita punya panggilan iman/moral obligation untuk mencontoh Kristus dan melayani-Nya dengan tulus. Kita harus hidup melayani sama seperti Kristus. Hidup kita akan bermanfaat bila bermanfaat bagi banyak orang. Bila kita melayani orang-orang lain, maka akan punya makna yang sama dengan bila kita melayani Tuhan.

Melayani Tuhan harus benar-benar tulus dan tidak ada rasa keterpaksaan, terlebih-lebih bermotif tertentu seperti agar dihargai atau mendapat pujian dari orang lain, untuk menutupi aib dan lain-lain.

Melayani Tuhan tidak harus menjadi pastor, pendeta atau evangelist, tapi ada banyak kegiatan lain untuk melayani Tuhan seperti menjadi pengerja gereja (majelis, usher, dll), menjadi pekerja sosial, merawat orang tua jompo, anak yatim piatu, penderita narkoba, melayani orang-orang miskin  (pemulung, gelandangan), menanggung biaya pengobatan orang miskin yang tidak bisa dicover oleh BPJS, dan kegiatan-kegiatan kemanusiaan lainnya.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

Apa upah bila kita melayani Tuhan?

Yang jelas bukan dalam bentuk menerima undangan untuk diwawancarai dalam acara Kick Andy agar dikenal dan mendapat applaus dari banyak orang dan menerima bantuan keuangan.

 

Sesuai Alkitab, upah yang dapat kita terima dari Tuhan dinyatakan dalam ayat-ayat sebagai berikut:

 

1 *”Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa*

*-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya: pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut prbuatannya.”*

*Matius 16:27*

 

2 *”Apapun yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia*

*Kamu tahu bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.*

*Kolose 3:23~24*

 

3 *”Allahku akan memberi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”*

*Filipi 4:18*

 

4 *”Karena itu, saudara-saudara ku yang terkasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan biarlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.”*

*1 Korintus15:58*

 

Hidup adalah kesempatan untuk melayani Tuhan. Perbuatan baik yang kita lakukan terhadap orang lain yang paling hina sekalipun adalah juga merupakan pelayanan bagi Kristus.

Amin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here