Berdoa untuk Keselamatan Orang Lain

0
2236

 

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

 

Mazmur 106:47, Selamatkanlah kami, ya TUHAN, Allah kami, dan kumpulkanlah kami dari antara bangsa-bangsa, supaya kami bersyukur kepada nama-Mu yang kudus, dan bermegah dalam puji-pujian kepada-Mu.

 

 

Sebuah pergumulan pasti akan dihadapi oleh semua manusia. Tidak ada manusia yang hidup tanpa pergumulan, pergumulan hidup akan membawa manusia untuk lebih dewasa lagi dan pergumulan juga dapat membawa manusia memiliki sikap yang tidak dewasa. Tetapi ada hal yang harus kita sadari, bahwa setiap kota menghadapi pergumulan tentu diantara kita banyak yang menyerahkan diri kepada Allah melalui doa. Doa merupakan sarana di dalam kehidupan untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Doa juga dapat memberikan ketenangan dalam menghadapi setiap pergumulan kita. Semalam juga kita diingatkan bahwa doa Musa didengarkan oleh Allah, sehingga Allah tidak murka kepada bangsa Israel. Sekarang, apakah setiap pergumulan kita telah kita sampaikan kepada Allah melalui doa-doa kita?

 

Pemazmur melihat pentingnya berhubungan dengan Allah melalui doa. Di dalam kehidupan mereka, pemazmur melihat bahwa setiap ancaman dapat melemahkan dan menjerumuskan mereka kepada dosa. Sehingga permohonan pemazmur ini kepada Allah untuk meminta keselamatan bagi mereka yang telah berada diantara bangsa-bangsa lain. Pernyataan itu dapat kita baca pada ayat hari ini: Selamatkanlah kami, ya TUHAN, Allah kami, dan kumpulkanlah kami dari antara bangsa-bangsa, supaya kami bersyukur kepada nama-Mu yang kudus, dan bermegah dalam puji-pujian kepada-Mu. Keselamatan yang dimintakan oleh pemazmur ini merupakan kerinduan mereka untuk bersatu kembali dan beribadah kepada Allah, melalui ibadah mereka dapat memuji dan bersyukur kepada Allah. Keselamatan yang universal sangat diharapkan oleh mereka agar kesatuan mereka kembali dibangun untuk menghadapi setiap pergumulan hidup. Hal ini mereka sampai melalui doa permohonan kepada Allah.

Baca juga  GEREJA 57 SEN

 

Saudaraku kekasih, permohonan di dalam doa kita tentu sangat sering kita sampaikan kepada Allah. Baik itu kesembuhan, pekerjaan, keluarga, dan cita-cita. Semua ini masih dalam skop permohon pribadi, tetapi yang mau diajarkan melalui teks hari ini adalah bagaimana kita mempunyai keinginan untuk ikut mendoakan teman-teman kita yang mempunyai harapan dan cita-cita untuk dapat bersyukur dan memuji Allah atas keselamatan yang telah diberikannya kepada kita. Apakah ini pernah kita pikirkan sebelumnya? Atau apakah hal ini pernah terlintas di dalam kehidupan kita? Jika masih belum, mari kita doakan mereka dan juga persekutuan kita yang ada saat ini agar kita mensyukuri berkat Allah melalui keselamatan yang telah diberikanNya kepada kita. Selain dari pada doa yang kita sampaikan, puji-pujian dan rasa syukur menjadi gaya dari iman kita. Amin

 

HAPPY DAY

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here