Jangan Lupa Kebaikan Tuhan

0
2229

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Keluaran 15:22-27

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Roma 9

 

*AYAT HAFALAN*

Mazmur 103:2, Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Penyakit Alzheimer, atau biasa disebut pikun, adalah penurunan fungsi otak yang mempengaruhi emosi, daya ingat, dan pengambilan keputusan. Penyakit ini memang biasa diderita oleh orang lanjut usia. Namun menurut penelitian terbaru, penyakit ini mulai banyak diderita oleh orang berusia 25-40 tahun. Hal ini disebabkan gaya hidup yang tak sehat dan stres. Saat ini, di dunia ada sekitar 49 juta jiwa yang menderita penyakit Alzheimer. Di Indonesia sendiri tercatat sudah mencapai satu juta orang di tahun 2017, dan diperkirakan terus meningkat.

 

Berbicara tentang penyakit lupa, dalam hal rohani banyak banyak yang mengalami “penyakit lupa rohani.” Ya, lupa akan kehadiran dan kebaikan Tuhan dalam kehidupannya.

 

Dalam bacaan Alkitab kita hari ini, umat Israel baru saja mengalami kebaikan Tuhan, yaitu terhindar dari tulah (yang ditimpakan kepada bangsa Mesir) dan berhasil menyeberangi laut Teberau. Namun, setelah umat Israel melewati semua masalah besar, mereka langsung melupakan Tuhan. Mengapa bangsa Israel bersikap seperti itu? Sikap seperti itu muncul karena pandangan bangsa Israel terfokus pada masalah yang sedang mereka hadapi, sehingga mereka lupa akan kuasa Tuhan dan apa yang telah dilakukan-Nya. Kita semua pasti pernah merasakan pertolongan dan kebaikan Tuhan, akan tetapi terkadang kita seperti orang yang menderita penyakit “lupa rohani”. *Lupa akan kebesaran Tuhan, lupa akan kebaikan-Nya, bahkan lupa pada kasih setia-Nya pada kita.* Padahal, mungkin baru kemarin kita ditolong Tuhan dengan cara yang ajaib.

Baca juga  Langkah Pertama Menuju Penyelesaian Konflik

 

*Saat kita fokus pada masalah atau kesulitan, maka kita tidak akan dapat fokus pada Tuhan.* Demikian pula sebaliknya. Itu sebabnya, *jangan pernah melupakan kebaikan Tuhan, tapi tetaplah percaya bahwa Dia Tuhan yang kasih-Nya tidak pernah berubah.* (FD)

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah Anda pernah lupa akan kebaikan Tuhan?

2. Apa yang Tuhan mau dari Anda saat mengalami masalah dalam hidup?

 

*POKOK DOA*

Tuhan ampuni aku yang kadang melupakan kebaikan-Mu, saat aku mengalami masalah. Ajarku untuk selalu bersyukur dan mengingat kebaikan-Mu di dalam hidupku. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Ingatlah selalu akan kebaikan Tuhan dalam hidup Anda, setiap hari.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Percayalah Tuhan tidak mungkin membawa kita sejauh ini kemudian meninggalkan kita. — Rick Warren*

 

 

*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here