Camp Pembentukan

0
524

 

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Keluaran 3:1-22

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Roma 7

 

*AYAT HAFALAN*

Yakobus 1:12, Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Sebelum seorang prajurit melaksanakan tugas untuk mengamankan negaranya, prajurit tersebut terlebih dahulu harus menjalani latihan dan disiplin dalam sebuah camp pelatihan. Dalam camp tersebut, mereka akan menjalani serangkaian latihan fisik dan mental yang berat. Setelah itu, mereka masuk ke tahap berikutnya, yaitu untuk mempelajari berbagai strategi perang, merakit berbagai senjata serta menjalani latihan simulasi perang. Tahap terakhir dari pelatihan itu adalah penanaman nilai baru sebagai prajurit, seperti: kesetiaan, kesatuan, sabar menghadapi berbagai tekanan, ketaatan dan yang terakhir adalah sikap rela berkorban demi membela bangsa dan negaranya.

 

Sama seperti seorang prajurit yang perlu dipersiapkan dengan baik dalam segala hal, demikian pula Tuhan selalu membentuk seseorang sebelum Ia memberikan sebuag tugas. Alkitab mencatat, sebelum Tuhan memanggil Musa untuk membebaskan bangsa Israel dari tanah Mesir, Musa harus menjalani pelatihan selama 40 tahun di tanah Midian. Musa yang dibesarkan di lingkungan kerajaan Mesir, memang menguasai banyak hikmat dan strategi berperang orang Mesir (lihat Kisah Para Rasul 7:22). Namun menurut pandangan Tuhan, hal tersebut belumlah cukup. Tuhan ingin menempa karakternya lewat hal-hal yang sederhana, seperti menjadi gembala di Midian. Tuhan ingin Musa mengembangkan sifat-sifat seperti: kesabaran, kelembutan hati, kerendahan hati, pengendalian diri, dan juga belajar bersandar pada Tuhan.

 

Begitu pula halnya dengan hidup kita, terkadang Tuhan pun membawa kita masuk dalam camp pelatihan. Bisa saja camp pelatihan itu adalah lingkungan keluarga Anda, pekerjaan Anda atau dalam pelayanan Anda. *Tuhan ingin katakter Kristus nyata di dalam hidup kita, lewat setiap tantangan yang kita lalui.* Memang hal ini tidak mudah, kadang kita ingin menyerah dan putus asa. Tapi *bersabarlah dan tetap percaya, sesudah pelatihan ini, hidup Anda tidak akan pernah sama sama lagi. Anda akan menjadi pribadi yang baru, pribadi yang telah diubahkan Tuhan menjadi serupa dengan Kristus, sehingga Anda siap untuk melakukan perkar-perkara besar yang dipercayakan Tuhan di dalam hidup Anda.* (FD)

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah Anda sedang mengalami berbagai macam kesulitan dan tekanan dalam hidup Anda? Adakah Anda melihat maksud Tuhan dalam mengizinkan hal tersebut terjadi dalam hidup Anda?

2. Apakah Anda pernah merasa bahwa Allah sedang membentuk hidup Anda di dalam camp pembentukan Allah? Apa yang seharusnya Anda lakukan?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, aku percaya Engkau sedang membentuk hidupku. Kuatkanlah aku, Tuhan. Mampukan aku untuk menjalani setiap tantangan dan pergumulan di dalam hidupku. Dalam nama Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Jadilah pribadi yang mau dibentuk oleh Tuhan. Kuatkan dan teguhkanlah hati Anda dalam menghadapi setiap masalah dan cobaan yang datang, hadapi semua bersama Tuhan dan hidup Anda tidak akan pernah sama lagi.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Dunia ini adalah tempat pembentukan karakter. Tetaplah setia dan bersabar dalam menjalani setiap latihan, sebab Tuhan Yesus, Sang Pelatih, selalu ada menemani.*

 

 

*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here