Bersyukurlah dengan Segenap Hati

0
932

 

 

 

Oleh: Pdt Martunas P.Manullang

 

Selamat siang dan salam damai sejahtera bagi kita semua. 

 

 

Inilah sapaan firman TUHAN pada hari ini, seperti tertulis dalam Mazmur 9:2: “Aku mau bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hatiku, aku mau menceritakan segala perbuatan-Mu yang ajaib.”

 

Bersyukur kepada TUHAN karena pemeliharaan, perlindungan dan pertolongan-Nya sangat nyata dalam perjalanan hidup orang percaya (di sini: Pemazmur). Tentulah pemeliharaan, perlindungan dan pertolongan TUHAN itu, dilihat, dialami dan dirasakan melalui  “kehadiran” TUHAN di tengah umat-Nya.

 

Pengetahuan dan kesadaran tentang hal inilah, membuat Pemazmur, sebagai orang percaya menyampaikan rasa syukurnya dengan tulus, murni dan “dengan segenap hati”.

 

Seluruh jiwanya, totalitas kehidupannya datang ke hadapan TUHAN dan mengungkapkan betapa dia sangat merasakan pemeliharaan dan perlindungan TUHAN dalam hidupnya.

 

Dalam rasa syukur dan sukacita itu pula, sebagai orang percaya ia pun akan menceritakan banyak hal lagi tentang perbuatan-perbuatan ajaib TUHAN dalam hidupnya.

 

Banyak kejadian dan peristiwa yang semuanya menunjukjan bagaimana TUHAN hadir, datang dan bekerja (berkarya) pada jalan hidup umat -Nya, agar umat-Nya benar-benar merasakan kasih, kesetiaan dan perlindungan TUHAN dalam hidupnya.

 

Demikian jugalah kiranya, bagi kita orang percaya yang hidup di jaman ini, setidaknya kita melihat dua hal yang mestinya kita lakukan bersamaan atau beriringan.

 

Pertama, bersyukur kepada TUHAN, dengan segenap hati, atas segala hal yang telah kita terima, rasakan dan alami, karena TUHAN berkenan hadir dalam sejarah kehidupan kita sendiri. Sejak lahir (masa kecil) hingga hari ini. Tentu juga kita mengingat dan mengikutsertakan di dalamnya, siapa saja yang terkait dengan kita. Mis: Keluarga, Saudara, Teman-teman, dst.

Baca juga  Intip Pasar Indonesia, Protech Tawarkan Produk Ramah Difabel

 

Kedua, menceritakan segala perbuatan TUHAN yang ajaib, yang penuh keheranan, di dalam semua itu.

 

Artinya, dengan menceritakan semuanya ini, maka siapa pun yang mendengarnya akan semakin yakin dan percaya kepada TUHAN.

 

Akan menaati TUHAN dalam hidupnya, dan akan juga melihat hal yang sana di dalam dirinya, yaitu kehadiran TUHAN yang “memelihara,” “melindungi,” “membimbing” dan bahkan “menyelamatkan.”

 

Dan pada gilirannya, mereka pun akan turut “bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hati”.

 

Memuji dan memuliakan TUHAN di sepanjang hidup, serta menceritakan lagi segala perbuatab-perbuatan ajaib TUHAN dalam kehidupannya, kepada orang lain.

 

Kiranya juga, orang lain pun, nenjadi percaya kepada TUHAN, satu-satunya yang memelihara dan menjaga kita, semua manusia, hari lepas hari. “Terpujilah Dia, Allah Maha Pencipta yang mengasihi kita ciptaan-Nya”.

 

Marilah kita, sejak hari ini dan seterusnya: BERSYUKUR KEPADA TUHAN DENGAN SEGENAP HATI.

 

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. AMIN.

 

Pdt Martunas P.Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here