Sukacita dalam Kristus

0
357

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

 

“Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohon di padang akan bertepuk tangan.”

*Yesaya 55:12″

 

 

Nas di atas menggambarkan betapa besar sukacita yang Tuhan berikan dengan kedamaian.

Biasanya orang bersukacita pada saat lulus ujian, pernikahan, dianugerahi anak pertama dan event-event lain yang membahagiakan. Namun, sukacita tersebut hanya bersifat sementara.

Dalam perjalanan hidup, kita selalu menghadapi pasang surut kebahagiaan/sukacita dan kesusahan. Dalam hal inilah Tuhan yang sangat mengasihi kita selalu memberi penghiburan kepada kita terutama bila kita dalam penderitaan, tekanan dan kesesakan agar kita dapat tetap bersukacita dalam kasih-Nya.

*”Tuhan menghibur umat-Nya dan menyayangi orang-orang-Nya yang tertindas.”*

*Yesaya 49:13*

 

Kebahagiaan dan sukacita bukan hanya monopoli orang-orang berada, namun banyak orang miskin yang setiap bangun tidur memikirkan akan makan apa pada hari ini, tetap Tuhan beri penghiburan dan sukacita.

Pada suatu pagi dari balik jendela kamar saya, saya melihat ada seorang ibu pemulung dengan dua anak gadisnya yang masih balita, bersenda gurau dan tertawa lepas.

 

Dalam kondisi apapun, kita harus tetap bersyukur dan tetap dekat dengan Tuhan, karena kita yakin Tuhan akan tetap memelihara dan mempedulikan kita sesuai dengan janji-Nya:

* *”Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu, Aku datang kembali kepadamu.”*

*Yohanes 14:18*

 

* *”Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah Bapa kita,  yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita, kiranya menghibur dan menguatkan hatimu.”*

Baca juga  Tuhan Raja Yang Kekal

*2 Tesalonika 2:16-17*

 

Roh Kudus senantiasa akan menyertai  dan memberi sukacita kepada orang-orang yang rendah hati. Ingatlah Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita.

* *”Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”*

*Matius 28:20*

 

* *”Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”*

*Ibrani 13:5*

 

Kita harus mempercayai Tuhan dan berserah sepenuhnya ke dalam tangan-Nya dan Dia pasti akan memelihara, mengasihi dan mempedulikan kita. Dia sangat tahu suasana hatimu dari saat ke saat dan apa yang sedang kita alami, baik dalam keadaan senang maupun susah.

Tuhan melihat setiap titik air mata yang mengalir dari mata kita.

 

Meskipun kita sendirian, ditinggalkan, patah hati atau kehilangan orang yang sangat kita cintai, Tuhan dengan setia menyertai kita.

Tuhan berfirman:

*”Gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi     kasih setia-Ku tidak akan beranjak daripadamu.”*

*Yesaya 54:10*

 

* *”Tuhan itu dekat dengan orang-orang yang patah hati”*

*Mazmur 34:19*

 

Kita tetap harus bersukacita karena kita punya Tuhan yang senantiasa mempedulikan kita, memberi kebahagian dan menghibur kita.

Amin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here