Kesehatan dan Kesembuhan adalah Berkat Tuhan

0
1839

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

 

“Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! Dia yang mengampuni segala kesalahanku, yang menyembuhkan segala penyakitmu.”

*Mazmur 103: 2~3*

 

Orang biasanya baru menyadari betapa pentingnya kesehatan, bila sedang dalam keadaan sakit.

Ada pepatah yang mengatakan, *”orang miskin jangan sakit”.* Pepatah ini memang konyol, tapi mengandung kebenaran, karena menyangkut biaya pengobatan yang di luar jangkauannya. Sudah jatuh ditimpa tangga, sudah sakit masih harus memikirkan dari mana biaya pengobatannya.

Sebaliknya, orang kaya juga tidak berdaya bila ia sedang sakit berat dan orang-orang ini mungkin lebih sedih karena memikirkan hartanya dan karena tidak bisa menikmati kekayaannya selama menderita sakit.

 

Dalam keadaan sehat maupun sakit, kita harus tetap bersyukur kepada Tuhan, Dia tidak menghendaki kita menderita sakit. Sebaliknya, Tuhan menghendaki kita sehat dan Ia akan menyembuhkan segala sakit penyakit kita.

¹ *”Tuhan akan menjauhkan segala penyakit daripada mu.”*

*Ulangan 7:15*

 

² *” Aku Tuhanlah yang menyembuhkan mu.”*

*Keluaran 15:26*

 

³ *”Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu. Aku akan mengobati.”*

*Yeremia 30:17*

 

Bila kita menderita sakit, yang pertama harus kita ingat bukan dokter atau obat, tapi kita harus berdoa dengan iman kepada Bapa, minta kesembuhan dari-Nya.

*”Doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia.”*

*Yakobus 5:15*

 

Penderitaan Kristus dengan bilur-bilur-Nya akan menyembuhkan kita.

¹ *”Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita.”*

*Matius 8:16~17*.

 

² *”Sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggung-Nya, dan kesengsaraan kita yang dipikul-Nya, padahal kita mengira Dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. Tetapi Dia tertikam oleh pemberontakan kita, Dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan pada-Nya, dan oleh bilur-bilur-Nya kita menjadi sembuh.”*

Baca juga  GEREJA 57 SEN

*Yesaya 53:4~5*

 

Bila kita membaca Alkitab, kita akan menemukan fakta bahwa kegiatan penyembuhan adalah merupakan aspek penting dari pelayanan Yesus.

Pada saat Yesus berkeliling di daerah Galilea, banyak orang sakit yang berusaha menyentuh Dia agar ada mujizat kesembuhan.

*”Semua orang banyak itu berusaha menyentuh Dia, karena ada kuasa yang keluar dari Dia dan menyembuhkan semua orang itu.”*

*Lukas 6:19*

 

Kita pun harus percaya bahwa Tuhan adalah penyembuh, Dia adalah *Jehova Rapha* bagi orang-orang yang sungguh-sungguh mendengarkan suara Tuhan (baca Keluaran 15:26).

Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here