Si Penggoda, Kejatuhan dan Keselamatan

0
489

 

 

Oleh: Christian T

*RENUNGAN BGA ( BACA GALI ALKITAB )*

 

*Kitab Kejadian : 3-12*

 

 

*Syallom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,* tema renungan BGA kali yang saya ambil adalah Si Penggoda. Dalam kehidupan sehari-hari kita setiap saat diperhadapkan dengan si penggoda dan godaan. Ketika kita membuka kelopak mata kita, kita sudah diperhadapkan oleh dan kepada hal-hal itu.

 

Siapakah si penggoda itu ?

1. Pada  pasal ini yang mengisahkan awal mulanya manusia jatuh ke dalam dosa yang dimulai pada ayat pertama : Ada pun ular adalah binatang yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang diciptakan oleh TUHAN Allah. Dalam Kitab Wahyu 12:9, 20:2 disebutkan Iblis atau Satan. Iblis atau Satan inilah yang menggunakan ular untuk menggoda Hawa dengan tipuan-tipuannya yang sangat lihay. Yesus menjulukinya sebagai pembunuh dan bapa segala dusta ( penipu ulung ) ( Yoh 8:44 ).

 

2. Manusia itu sendiri dengan segala keinginannya.

 

Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya (6).

 

Siapakah Iblis atau Satan itu ?

Iblis atau Satan adalah Lucifer ( Devil, morning star atau planet Venus, pagan god ) , malaikat yang paling indah dicipta oleh TUHAN Allah dari segala malaikat di sorga dan yang bertugas memimpin pujian kepada TUHAN Allah, Sang Pencipta. Ia berkata dalam hatinya menginginkan naik dan menggantikan tahta Allah, ingin menyamai Yang Maha Tinggi, maka ia ingin menggantikan TUHAN Allah sebagai yang disembah ( Yes 14:12-14 )

 

Siapakah yang digoda ?

Hawa ( perempuan yang ditempatkan disisi Adam-lah ) yang digoda.

 

Mengapa Hawa yang digoda, bukan Adam ?

Sebab awal dan langsung perintah kepada Adam, sehingga lebih mudah dan Iblis tahu dan sudah memperhitungkannya bahwa rencananya akan mudah terwujud melalui Hawa. Ternyata rencana dan siasat Iblis terwujud dengan memakai ular untuk menggoda Hawa.

 

Bagaimana si penggoda ( Iblis / Satan / Lucifer ) menggoda Hawa ?

 

Dengan memalsukan atau memanipulasi firman TUHAN, yaitu merubah, menambahkan atau mengurangi perkataan TUHAN.

 

*Perhatikan baik-baik pada ayat 3-5 dan bandingkan dengan pasal 2:16-17.*

 

*TUHAN Allah  : semua pohon dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas*

 

*Diubah oleh Iblis : semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan ?*

 

*TUHAN Allah :  “.., pastilah engkau mati “*

 

*Iblis : ” sekali-kali kamu tidak akan mati “*

 

*” … , dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat. “*

 

*Hawa : membuahkan kata ” raba ” dan menghilangkan kata ” pasti “*

 

*Sahabat-sahabat terkasih dalam Yesus,* akibat pelanggaran mereka, maka ada empat akbiat atau hukuman yang diharus diterima dan dialami oleh manysia. Kalimat ” pada hari engkau memakannya _pastilah engkau mati ( mot tamut )_, yakni :

 

1. Kematian tubuh, kembali kepada debu (19) 2. Kematian secara moral, yakni dengan tabiat dosa.

 

3. Kematian secara rohani, yakni : terputusnya relasi manusia dengan TUHAN Allah (10).

 

4. Kematian kekal, yakni : kebinasaan selama-lamanya dijauhkan dari hadirat TUHAN dan dari kemuliaan kekuatan-Nya ( Wah :19:20, 20:13-15 ).

 

*Sobat yang terkasih,* Puji Tuhan bahwa Allah menyediakan keselamatan kepada manusia (15), tetapi tidak kepada malaikat (Ibr 2:16) melalui salib (Ibr 2:14-15), dan berhati-hatilah atas tipuan Iblis melalui pemalsuan atau pengubahan firman Tuhan dengan memakai para nabi dan pengajar palsu ( 2 Pet 2:1-22 ). Tekunlah selalu berdoa dan membaca dan merenungkan firman Tuhan, serta sedia selalu dengan memperlengkap diri dengan senjata Allah mengajari tipu muslihat Iblis ( Ef 6:10-18 )

 

Kiranya Tuhan Yesus menolong dan memberkati kita semua

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here