Memenuhi Janji kepada Tuhan

0
1891

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Pengkhotbah 5:1-6

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Kisah Para Rasul 22

 

*AYAT HAFALAN*

Pengkhotbah 5:4, Lebih baik engkau tidak bernazar dari pada bernazar tetapi tidak menepatinya.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Suatu saat ada seorang anak Tuhan yang mengalami sakit yang cukup berat. Menyadari bahwa segala usaha penyembuhannya tak dapat lagi menolongnya. Ia pun memutuskan bernazar dalam doanya kepada Tuhan. Dalam doanya ia berkata, “Tuhan apabila Engkau menyembuhkanku, aku bernazar (berjanji) untuk melayani Engkau seumur hidupku.” Puji Tuhan, doa dan nazarnya itu didengar dan dijawab Tuhan. Dia sembuh dari sakitnya. Namun setelah ia sembuh dan sehat, ia melupakan apa yang pernah dikatakannya kepada Tuhan.

 

Ada juga kisah dari seorang anak Tuhan yang sedang mengalami pergumulan dalam usaha dan pekerjaannya. Dengan iman, ia pun datang berdoa kepada Tuhan. Dalam doanya ia berkata, “Tuhan, berkatilah usaha dan pekerjaanku, aku berjanji akan setia mengembalikan persepuluhan kepada-Mu. Aku akan rajin membantu semua pekerjaan-Mu.” Namun setelah pekerjaan dan usahanya diberkati, ia pun lupa akan janjinya kepada Tuhan.

 

Mungkin ada di antara kita yang pernah melakukan hal yang sama seperti dua contoh cerita di atas. Kita begitu cepat mengucapkan janji kepada Tuhan tanpa berpikir terlebih dahulu apakah kita dapat menepatinya atau tidak. Alkibat mencatat bahwa janji (nazar) yang ditujukan kepada Tuhan adalah sesuatu yang penting dan berharga. Itu bukanlah yang hal sembarangan (lihat Bilangan 30:2).

 

*Kita bersyukur karena kasih dan anugerah Kristus begitu besar di dalam hidup kita.* Namun, jangan sampai kasih-Nya itu membuat kita menurunkan rasa hormat kita kepada Tuhan. *Belajarlah untuk menghormari Tuhan dengan tidak sembarang mengucapkan janji (nazar) di hadapan-Nya. Sebab di masa penghakiman nanti, kita akan mempertanggungjawabkan setiap perkataan dan perbuatan kita.* (FD)

Baca juga  ALLAH HAKIM YANG ADIL

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Adakah Anda menganggap penting setiap ucapan yang Anda katakan kepada Tuhan? Janji apa saja yang sampai saat ini Anda belum kepada Allah?

2. Hal apa yang perlu Anda pertimbangkan saat ingin berjanji kepada Tuhan?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, aku menghormati Engkau sebagai Allah penguasa hidupku. Ajarlah aku untuk tidak sembarangan mengucapkan nazar kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Belajarlah untuk tidak gampang menyatakan janji kepada Tuhan. Hormatilah Dia sebagai Tuhan, Hakim dan Penguasa alam semesta.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Jika kita menyadari bahwa Dia adalah Tuhan sang penguasa hidup kita, biarlah kita terus menaruh rasa hormat lewat perkataan dan tindakan kita.*

 

 

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here