PemeliharaanNya yang Sempurna

0
319

 

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Keluaran 16:1-36

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Kisah Para Rasul 19

 

*AYAT HAFALAN*

Mazmur 136:3-4, Bersyukurlah kepada Tuhan segala tuhan! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Kepada Dia yang seorang diri melakukan keajaiban-keajaiban besar! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Dalam bacaan renungan hari ini, bangsa Israel tengah berada di padang gurun dalam perjalanan menuju ke tanah Kanaan. Para ahli sejarah memperkirakan ada sekitar dua juta orang Israel yang melakukan perjalanan ini. Selama mereka di padang gurun, Tuhan memelihara mereka dengan begitu sempurna. Setiap hari Tuhan menyediakan roti manna dan burung puyuh bagi mereka. Meski di padang gurun sulit untuk mendapatkan air, Tuhan selalu memberi mereka air untuk diminum dengan cara yang ajaib. Pakaian dan kasut (alas kaki) mereka begitu kuat, sehingga tidak menjadi rusak selama 40 tahun (lihat Ulangan 29:5). Tuhan pun memimpin dan melindungi mereka dengan tiang awan pada siang hari dan tiang api pada malam hari. Kalau bukan kuasa pemeliharaan Tuhan yang sempurna, mustahil mereka dapat bertahan hidup di padang gurun tandus selama 40 tahun.

 

Merenungkan kisah perjalanan bangsa Israel di padang gurun ini, membuat kita menyadari bahwa keberadaan kita sampai dengan detik ini pun hanya karena kemurahanan dan pemeliharaan Tuhan semata. *Bila setiap hari kita masih dapat menghirup udara segar dengan gratis, diberikan kesehatan yang baik, kita masih dapat menikmati makanan dan minuman tiap hari, bahkan usaha atau pekerjaan kita begitu diberkati, itu semua adalah anugerah dari Tuhan serta kuasa dan campur tangan Tuhan yang bekerja dalam hidup kita.*

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

Bukankah ini adalah sebuah bentuk pemeliharaan yang sempurna dari Tuhan? Jika kita menyadarinya, *sudah seharusnya kita mengucap syukur kepada-Nya dan semakin mengasihi-Nya. Dia telah memberikan kita anugerah keselamatan yang kekal dengan rela mati di atas kayu salib bagi orang yang percaya kepada-Nya.* (FD)

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah Anda pernah menyadari bahwa hidupmu saat ini adalah karena campur tangan Tuhan? Apa alasannya?

2. Hal apa yang ingin Anda lakukan saat menyadari bahwa Tuhan memelihara hidupmu dengan sempurna?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, terima kasih Tuhan untuk pemeliharaan-Mu yang sempurna di dalam hidupku. Bukakanlah mata rohaniku, agar aku dapat melihat kebesaran-Mu dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Mengucap syukurlah kepada Tuhan senantiasa sebab Dia pasti memelihara hidup Anda.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Semua pencapaian, keberhasilan, nikmat, keamanan bukan berasal dari kita, tapi Dia yang menganugerahkan kepada kita. — Agustinus*

 

 

*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here