Bergembiralah dalam Penderitaan dan Pencobaan

0
1053

 

 

Oleh: Christian T

 

 

*RENUNGAN BGA ( BACA GALI ALKITAB )*

 

*Surat 1 Petrus 1:3-12*

 

 

*” Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan “(6)*

 

*Syallom, sahabat-sahabat pembaca setia BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

Dalam salam pembukaan dinyatakan bahwa status kita adalah sebagai umat pilihan dan umat yang kudus yang dipilih dan dikuduskan dalam Kristus oleh pemercikan darah-Nya (1-2). Dan selanjutnya Rasul Petrus memuji Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus. Petrus menyebut dan mengakui Yesus Kristus sebagai Allah, Bapa dan Tuhan. Yesus Kristus telah melahirkan kita kembali oleh karena rahmat-Nya dan oleh kebangkitan-Nya dari kematian kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, yakni untuk menerima suatu bagian yang kudus dan kekal di dalam sorga (3-4).

 

Sahabat-sahabat yang terkasih dalam Yesus, adalah suatu keadaan yang kontradiktif atau tidak selaras dengan status sebagai orang pilihan yang seharusnya hidup dengan berkat dan penuh sukacita. Realitasnya kehidupan umat Tuhan hidup dalam tekanan, pencobaan dan penderitaan di tengah-tengah lingkungan sekitarnya. Kehidupan yang baru sebagai pendatang  rupanya sangat berbeda dengan kehidupan yang lama yang hidup di antara masyarakat sekitarnya. Lingkungan sekitarnya masih hidup di luar Tuhan, yang masih banyak menyembah berhala dan hidup dalam nafsu duniawi, serta hidup dalam dosa atau kejahatan.

 

Kondisi inilah yang dikatakan oleh Petrus sebagai penderitaan atau pencobaan, sebab sebagai umat pilihan dan umat yang kudus yang telah dilahirkan kembali menjadi ciptaan yang baru terus menerus di perhadapkan dengan berbagai tantangan dan pencobaan itu, belum lagi menghadapi para pembenci.

 

Namun Petrus menasehatkan atau memerintahkan untuk tetap bergembira. Mengapa harus bergembira ? Bagaimana bisa bergembira ?

 

*Sobat yang dikasihi Tuhan,* ada empat hal kita harus dan dapat bergembira menghadapi penderitaan atau pencobaan, yakni :

 

1. Kita telah dilahirkan kembali oleh karena rahmat-Nya (3a)

 

2. Yesus yang kita sembah adalah Tuhan yang hidup yang sudah bangkit (3b)

 

3. Pengharapan akan memperoleh suatu bagian yang mulia dan yang kekal (4)

 

4. Allah tetap menyertai dan memihara (5)

 

5. Penderitaan atau pencobaan sebagai sebuah ujian iman yang sangat bernilai dan tak ternilai harganya.(7)

 

6. Kita telah mencapai tujuan iman kita yaitu keselamatan jiwa kita (9-10)

 

7. Rahasia Injil yang oleh Roh dinyatakan atau diberitakan kepada kita.

 

*Sobat,* marilah kita tetap bergembira dan bersukacita dalam keadaan apapun dan dimana pun kita berada, maka dengan demikian kita telah menjadi saksi-Nya di tengah dunia yang membutuhkannya, karena tujuan utama hidup dan iman kita adalah keselamatan jiwa yang telah kita capai di dalam Kristus.

 

Terpujilah Allah, Bapa dan Tuhan kita Yesus Kristus atas rahmat-Nya yang tak terhingga.

 

*HALLELUYA !*

 

*SOLI DEO GLORIA !*

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here