Hidup Benar adalah Prioritas

0
1809

Renungan:  Amsal 21-22

 

 

Amsal 21:21 Siapa mengejar kebenaran dan kasih akan memperoleh kehidupan, kebenaran dan kehormatan.

 

Proverbs 21:21 (TPT) The lovers of God who chase after righteousness will find all their dreams come true: an abundant life drenched with favor and a fountain that overflows with satisfaction.

 

Amsal21:21 (TPT) Para kekasihnya Tuhan yang mengejar kebenaran akan menemukan bahwa semua impian mereka menjadi kenyataan: kehidupan yang berkelimpahan akan bermandikan kebaikan dan air mancur, yang akan melimpah dengan kepuasan.

 

Arti kata Mengejar = Radaph (ibrani), artinya berlari mengejar, memburu dan berusaha terus sampai dapat.

 

Firman Tuhan dalam Kitab Amsal ini sangat luar biasa, karena janji Tuhan bagi PARA KEKASIHNYA TUHAN yang MENGEJAR KEBENARAN akan MENEMUKAN bahwa :

 

• Impian mereka akan menjadi kenyataan !

• Kehidupan mereka akan berkelimpahan dan bermandikan kebaikan Tuhan !

• Kehidupan mereka akan seperti air mancur yang melimpah dengan kepuasan !

 

Oleh karena itu ketika kita MENYADARI akan IDENTITAS kita sebagai KEKASIHNYA Tuhan dan kita berusaha untuk mengutamakan mengejar hidup dalam kebenaran dan hidup dalam kasih maka kita akan memperoleh kehidupan, kebenaran dan kehormatan, artinya kehidupan pribadi kita, keluarga  kita, bisnis kita, pelayanan kita dan segala aspek kehidupan kita akan Hidup, Bertumbuh, Berbuah, Berkualitas, Bernilai, Berbobot, Mulia dan Dihormati, karena kita melakukannya dengan moral dan karakter yang didasari oleh kebenaran dan kasih, yaitu :

 

• DENGAN KITA MENGUTAMAKAN UNTUK MELAKUKAN KEBENARAN DAN KEADILAN !

 

Amsal 21:3  Melakukan kebenaran dan keadilan lebih dikenan TUHAN dari pada korban.

 

Arti kata Melakukan = ‘Asah (ibrani), artinya melakukan dan mengerjakan dengan konsisten.

 

Jadi ketika kita terus konsisten melakukan dan mengerjakan kebenaran dan keadilan yaitu dengan kita mengutamakan untuk hidup benar dan adil, ternyata itu lebih menyenangkan hati Tuhan dan lebih penting dari pada korban, artinya dimata Tuhan dan dihati Tuhan lebih penting hidup benar dan adil, dari pada kita mempersembahkan korban pelayanan dan korban persembahan, tetapi ternyata hidupnya tidak melakukan kebenaran dan keadilan.

 

• DENGAN MENGUTAMAKAN MENJAGA DAN MEMELIHARA MULUT DAN LIDAHNYA !

 

Amsal 21:23 Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran.

 

Arti kata Memelihara = Shamar (ibrani), artinya menjaga dan mengawasi dengan sungguh sungguh.

 

Jadi sebenarnya yang membuat hidup kita SUSAH dan MENDERITA adalah karena kita TIDAK MENJAGA Perkataan kita, tetapi kalau kita Mengutamakan untuk Menjaga Mulut kita dengan Perkataan yang Baik, yang Positif, yang Membangun dan yang Benar maka kita akan diluputkan dan dilepaskan dari kesusahan dan penderitaan.

 

Oleh karena itu kita harus menyadari bahwa ketika kita mengutamakan untuk menguasai diri kita dengan baik, maka kita sedang menjaga supaya tembok dan pertahanan hidup kita tidak roboh, tetapi sikap yang emosinal akan membuka celah untuk iblis masuk dan menguasai kita.

 

• DENGAN KITA MENGUTAMAKAN MENJAGA NAMA BAIK, MENJAGA KEPERCAYAAN DAN DIKASIHI ORANG !

 

Amsal 22:1 Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.

 

Jadi orang kaya yang sejati adalah orang yang mengutamakan nama baik artinya orang yang punya integritas, yang dapat dipercaya dan orang yang dikasihi banyak oleh orang artinya adalah orang yang menjaga hubungan baik, menjaga kepercayaan dan dapat menyenangkan banyak orang.

 

Sebab banyak orang yang kaya secara materi, tetapi tidak memiliki integritas, tidak memiliki moral yang baik, tidak memiliki hubungan yang baik dan pribadinya tidak menyenangkan, oleh karena itu sebenarnya mereka bukan orang kaya yang sejati, karena kekayaan bukan diukur dari materi, tetapi dari karakter, moral dan integritas orang tersebut.

 

Deklarasi Firman Tuhan :

Puji Tuhan ! Oleh anugerah Tuhan kami dimampukan untuk dapat Memilih, Memutuskan, Mengutamakan dan Memprioritaskan Hidup didalam Kebenaran, Kasih dan Keadilan yaitu dengan Menjaga Nama Baik, Menjaga Hubungan baik, Mengatakan yang Positif, Menjaga untuk tidak tawar hati dan dapat Menguasai diri dengan baik ! Oleh anugerah Tuhan kami dimampukan untuk menjadi orang yang Mulia, yang Berkwalitas, yang Bernilai dan yang Berbobot ! Grace 3x !

 

Hidup dalam kebenaran dan hidup dalam kasih adalah Prioritas hidup kita, sebab hal ini akan menentukan Kebahagiaan dan Kemenangan hidup kita ! Have a blessed day ! Gbu all, AM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here