Kristus Menginspirasi Kita dalam Menjalankan misi-Nya di dunia

0
650

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

 

 

“Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.”

*Yohanes 13:5*

 

 

Apa yang dilakukan Kristus dengan membasuh kaki para muridNya, bukan sekedar membuktikan bahwa Ia datang ke dunia bukan untuk dilayani tapi untuk.melayani. Apa yang dilakukan-Nya tidak hanya sekedar bukti bahwa Ia mempunyai hati yang rendah (humble), tapi lebih dari itu, Yesus telah *menginspirasi* para murid-Nya dan kita semua melalui keteladanan-Nya, bahwa kita juga harus mengasihi dan melayani sesama.

Banyak orang yang mengklaim bahwa mereka telah melakukan pelayanan terutama kepada orang-orang miskin, orang tua jompo, anak yatim piatu dan para pemulung yang tinggal di tepi-tepi rel kereta api, tapi hati mereka masih menempatkan status sosial mereka jauh lebih tinggi dari mereka yang dilayani, dan tidak juga menyetarakan diri mereka dengan orang-orang yang dikunjunginya. Jangan kan membasuh kaki mereka , memeluk nenek-nenek jompo saja sudah merasa jijik.

 

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan inspirasi itu?

*Inspirasi adalah proses di mana secara mental kita distimulasi untuk merasa dan bertindak seperti yang kita lihat, baca, dengar untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.”

 

Jadi inspirasi merupakan suatu proses mental yang dirangsang untuk melakukan suatu tindakan setelah melihat, membaca atau mendengar mempelajari sesuatu untuk tindakan dan kehidupan yang lebih baik.

 

Ada banyak tindakan-tindakan dan firman inspiratif yang telah Kristus perbuat  untuk kita ikuti, di antaranya adalah:

# Bukti kasih Yesus kepada kita dengan mati di kayu salib.

*”Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya.”*

*Yohanes 15:13*

 

# Yesus mengampuni perempuan yang berzina.

*”Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkatalah kepadanya:”Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?. Jawabnya,” tidak ada Tuhan.” Lalu kata Yesus, “Aku pun tidak menghukum mereka. Pergilah dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.”*

*Yohanes 8:10~11*

 

Sampai saat ini banyak orang yang kehilangan kasih, di mana terjadi penyiksaan dengan mengarak dan menelanjangi sepasang kekasih yang dituduh berzina , yang dilakukan oleh 5 orang, di  mana pagi tadi para pelaku terutama Ketua RT nya dijatuhi hukuman 5 tahun penjara.

 

# Yesus menghendaki kita mengasihi sesama bahkan terhadap orang yang membenci kita.

¹ *”Kasihilah musuh-musuh, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu, mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu, berdoalah  bagi orang yang mencaci kamu.”*

*Lukas 6:27~30*

 

² *”Jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasa mu? Karena orang berdosa pun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka.”*

*Lukas 6: 32~35*

 

Dalam menjalankan misi Kristus, sanggupkah gereja dan kita menginspirasi  orang-orang lain agar menerima Kristus sebagai Mesias ?. Inilah tantangan berat yang harus kita jawab.

Amin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here