Kuasa Yesus Mengenal Hati Manusia

0
391

 

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Yohanes 4:16-26

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Kisah Para Rasul 13

 

*AYAT HAFALAN*

Yohanes 2:24, Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Perkembangan teknologi hari-hari ini terus berkembang luar biasa. Akhir tahun kemarin, negara Jepang telah sukses membuat program server pembaca pikiran yang dinamakan BioRxiv (bio archive).

 

Teknologi ini mengkaitkan bagian jaringan terdalam saraf otak untuk menghasilkan struktur diagram gambar. Secara mudahnya, sistem komputer yang mereka ciptakan dapat menghasilkan gambaran tentang apa yang dipikirkan di dalam otak kita. Di masa depan, dengan alat ini manusia dapat saling berkomunikasi hanya dengan menggunakan pikiran. Ya, berkomunikasi tanpa kata, gerakan, maupun suara, seperti melakukan telepati. (Dikutip dati South China Morning Post, 30 Desember 2017).

 

Jauh sebelum manusia mencari cara untuk mengetahui isi pikiran manusia, Alkitab mencatat, Tuhan Yesus dengan kuasa Roh Kudus mengetahui isi hati, pikiran dan keberadaan manusia dengan sempurna. Persekutuan-Nya dengan Roh Kudus membuat Kuasa Allah dapat bekerja aktif di dalam hidup-Nya (Bdg. Lukas 4:1, 14).

 

Dalam pelayanan-Nya, Dia mengetahui kehidupan masa lalu dari seorang perempuan Samaria (Yohanes 4). Dia mengetahui pikiran dari orang Farisi dan ahli Taurat yang meragukan kuasa-Nya (Matius 16:21; Lukas 6:8).

 

Dari kuasa dan keilahian Yesus ini, kita dapat belajar dua hal: *Pertama, Bahwa Yesus Kristus sungguh benar-benar Anak Allah.* Karena perkara mengetahui isi hati, pikiran dan keberadaan manusia, hanya bisa dilakukan oleh Allah sang pencipta. *Kedua, Pentingnya hidup dipimpin oleh Roh Kudus.* Meskipun Yesus adalah Anak Allah tapi ia sadar, Ia perlu bersama dengan Roh Kudus untuk melakukan kehendak Bapa di dalam dunia. Demikian juga dengan kita, kita pun hanya mampu mengetahui dan melakukan kehendak Tuhan ketika Roh Kudus bersama dengan kita. (FD)

Baca juga  MENJADI ORANG YANG SELALU MEMILIKI PENGHARAPAN

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah ada hal-hal yang Anda selama ini sembunyikan di hadapan Tuhan? Mengapa demikian?

2. Hal apa saja yang Anda pelajari dari renungan ini, bahwa Yesus mengetahui idi hati dan pikiran kita manusia?

 

*POKOK DOA*

Tuhan Yesus, aku percaya bahwa Engkau adalah Tuhan yang mengetahui dan mengerti keberadaan hidupku. Mari Roh Kudus pimpinlah hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Hiduplah senantiasa di dalam kebenaran sebab Yesus menyelidiki setiap kita sampai kedalaman hati kita.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Kesadaran bahwa Yesus dapat mengetahui hati dan pikiran manusia seharusnya memperkokoh iman kita kepada-Nya.*

*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here