Bertumbuh Seperti Bayi yang Baru Lahir

0
1517

 

 

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang

 

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua. 

 

SEPERTI BAYI YANG BARU LAHIR.

 

Inilah satu hal yang ditekankan dalam ayat renungan hari ini. Selengkapnya 1 Petrus 2:2 berisi sebagai berikut: “Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan”. Boleh juga, berdasarkan satu ayat ini, ayat lengkap, maka ungkapan “supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan”, menjadi bagian yang melengkapi dan tidak terpisahkan dari “dan jadilah sama”  ” seperti bayi yang baru lahir”.

 

Dari ayat 1-3 pada 1 Petrus 2 ini, adalah tentang PERTUMBUHAN. Ya, PERTUMBUHAN ROHANI.

 

Jadi, seperti bayi yang haus akan air susu dari ibunya, demikianlah anak Tuhan (orang percaya) yang haus akan Firman Tuhan. Firman Tuhanlah yang membuat pertumbuhan rohani dan menjamin kemurnian kesehatan dari pertumbuhan rohani itu.

 

Dengan kata lain, setiap orang percaya mestinya memiliki perkembangan pertumbuhan rohani yang sehat. Mengapa? Karena setiap hari, dari keinginan dan kerinduannya, bahkan dari kebutuhan rohaninya, ia selalu menerima Firman Tuhan yang ditaburkan atau dialirkan ke seluruh sudut-sudut kehidupannya.

 

Kehidupan yang dialiri atau dinafasi oleh Firman Tuhan, akan membuat tubuh rohani seseorang itu ” seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil” (bnd. Mazmur 1:3).

 

SEPERTI BAYI YANG BARU LAHIR, yang kehausan akan air susu dari ibunya, yang sangat menentukan bagi kesehatan dan pertumbuhan fisiknya, atau pertumbuhan dan kesehatannya, demikianlah orang percaya memiliki kehausan akan Firman Tuhan, setiap hari. Jika itu terpenuhi, maka pasti akan terjadi pertumbuhan rohani setiap hari dan pertumbuhan yang menyehatkan bagi kehidupan setiap orang percaya.

 

Dengan kata lain, mestinya ada pertumbuhan rohani yang sehat/ menyehatkan bagi setiap orang yang menerima Firman Tuhan dalam kehidupannya, setiap hari. Bertumbuh dan semakin kuat dalam iman dan percayanya. Jadi fokusnya adalah PERTUMBUHAN ROHANI YANG SEHAT.

 

Hanya saja, tentu ada hal yang perlu kita sadari, gumuli dan renungkan, yaitu masihkah kita memiliki selera rohani yang tinggi untuk selalu bertumbuh? Apakah kita merasakan adanya gangguan bertumbuh? Sudahkah kita kehilangan semangat bertumbuh? Ataukah ada hal- hal yang merasuki kehidupan rohani kita, sehingga terganggu bahkan terancam pertumbuhannya?

 

SEPERTI BAYI YANG BARU LAHIR, yang senantiasa haus akan susu dari ibunya; kiranya kita pun juga memiliki kerinduan dan rasa haus yang sama akan FIRMAN TUHAN agar kita pun tetap bertumbuh, sehat dan semakin kuat.

 

Semakin bertumbuh dalam kehidupan rohani dan semakin kuat dalam menjalani atau mengisi hari-hari dalam kehidupan. “Bertumbuh setiap hari oleh Firman Tuhan yang bekerja dalam diri dan hidup kita”. Marilah kita tetap bertumbuh setiap hari.

 

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

 

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here